MPASI

Menu Makanan Pendamping ASI (MPASI) Setelah Bayi Usia 6 Bulan Keatas

Makanan Pendamping ASI ( MPASI) – Waktu yang paling tepat untuk mulai memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi adalah ketika bayi menginjak usia 6 bulan, ini menurut WHO (World Health Organization). Tapi mengapa enam bulan? hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi sudah mulai siap untuk menerima tekstur dan jenis makanan lain yang lebih padat dibandingkan usia sebelumnya.

Usia 6 bulan sendiri bukanlah usia yang baku, tetapi di usia ini memungkinkan organ sistem pencernaan, kerongkongan dan perut bayi sudah cukup siap untuk mencerna makanan pendamping ASI yang lebih padat.

WHO memberikan saran agar makanan pendamping ASI yang diberikan kepada bayi harus mempunyai kandungan protein, energi, dan mikronutrien yang seimbang. Hal ini penting untuk bayi yang tengah mengalami masa pertumbuhan. Selain hal tersebut, penyajian makanan seharusnya dilakukan dengan cara higienis guna menghilangkan risiko terkontaminasi bakteri serta kotoran.

Memberi makanan pendamping ASI harus sabar, Tidak mengherankan jika bayi belum bisa langsung mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) sesuai ekspektasi orang tua. Di masa-masa ini, berikanlah waktu yang cukup kepada Buah Hati untuk belajar menikmati makanan selain air susu ibu atau susu formula.

makanan pendamping ASI
cloudfront.net

Memberi makanan pendamping ASI harus sabar, karenanya tidak mengherankan jika bayi langsung bisa mengkonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI) sesuai ekspektasi orang tua. Di masa percobaan ini bersabarlah dan berikan cukup waktu kepada buah hati untuk belajar menikmati makanan selain susu formula dan susu Ibu.

Sebenarnya tidak lama, umumnya si kecil akan mulai terlihat kegirangan ketika diberikan sendok yang didekatkan ke mulutnya, ketika itu terjadi maka Ibu harus mulai menentukan menu makanan apa yang akan diberikan untuk si kecil.

Nah, membahas persoalan jenis/menu makanan pendamping yang akan diberikan kepada si buah hati, Alangkah baiknya jika ibu tidak sembarang memilih. Selektif dalam menentukan menu makanan yang akan diberikan untuk si kecil. Tentunya makanan sehat dan bergizi tinggi harus diutamakan. Karena memang tujuan awal MPASI ini agar kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan bayi terpenuhi.

Diantara kebutuhan yang harus dipenuhi dalam makanan pendamping ASI tersebut adalah zat besi, seng, folat, dan berbagi jenis vitamin serta mineral lain. Kandungan gizi dan nutrisi harus proposional. Usahakan memilih makanan yang segar dan tidak melalui proses pengawetan.

Menu MPASI 6 Bulan

Mungkin banyak orang tua yang bingung menentukan menu apa yang pas diberikan sebagai makanan pendamping ASI. Beberapa pedoman di bawah ini mungkin bisa dijadikan patokan untuk mengatasi kebingungan tersebut.

Berbagai Jenis Bubur Sehat untuk Bayi

Umumnya makanan pertama yang diberikan kepada bayi adalah bubur. Namun tidak sedikit para ibu yang masih bingung dalam memberikan jenis bubur apa yang baik untuk si kecil. Berikut beberapa daftar bubur yang baik diberikan pada bayi.

1. Bubur Susu Kentang – Makanan Pendamping ASI Sehat

MPASI bubur kentang
zwitsal.co.id

Sajian bubur satu ini sangat cocok untuk diberikan pada bayi yang telah memasuki usia 6 bulan. Pemberian variasi makanan pada bayi disarankan supaya bayi tidak bosan dikarenakan diberi menu makanan yang sama secara berulang.

bubur susu kentang ini dibuat dengan 50 gram kentang yang sudah dikupas juga di kukus. kemudian dipotong kecil-kecil. Sediakan pula susu formula untuk dicampur dengan bahan ini nanti.

Langkah pertama membuatnya dengan menghaluskan kentang terlebih dahulu dengan dicampurkan sedikit susu, menghaluskannya bisa menggunakan mesin blender. Campur dalam mangkuk campurkan dengan susu formula secukupnya.

2. Bubur Sayur – Makanan Pendamping ASI Sehat

Bayi perlu cukup asupan sayur guna menjaga kesehatan tubuhnya, bermacam jenis sayuran juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan bayi. Bubur sayur merupakan solusi sehat yang telah direkomendasikan untuk diberikan pada bayi.

Bahan yang diperlukan hanya dengan 50 brokoli yang telah dikukus kemudian dipotong. Campurkan dengan 5 sdm susu formula bisa juga dicampur dengan ASI. Untuk membuat nya cukup campuran dua bahan ini dengan susu dan haluskan menggunakan blender. Kemudian campur dan aduk sampai merata. Selain brokoli anda bisa menggunakan variasi sayuran lain.

3. Bubur Susu – Makanan Pendamping ASI Sehat

Bubur susu adalah makanan umum yang telah banyak disarankan untuk diberikan pada buah hati sebagai makanan pendamping ASI untuk pertama kalinya. Jenis ini adalah makanan padan yang cocok untuk bayi, dengan rasa yang lezat dan disajikan sedikit encer akan menjadi santapan sehat bayi untuk beradaptasi dengan makanan pertama kali.

Cara membuat bubur susu untuk bayi 6 bulan. Untuk cara pembuatan makanan ini tidaklah sulit, yang diperlukan cuma tepung beras 1 sdm yang dicampur dengan susu formula lebih kurang 200ml. Setelahnya aduk larutan dua bahan tersebut hingga tercampur rata. Untuk kekentalan sesuaikan dengan keinginan anda.

Sebaiknya kedua campuran tersebut di masak lagi menggunakan api kecil hingga mendidih secara merata. Sebaiknya saring terlebih dahulu jika tepung susu menggumpal

Mulailah dengan makanan sederhana

syuran untuk bayi
ilustrasi via pedulisehat.info

Makanan sederhana di sini maksudnya adalah makanan yang dibuat hanya dari satu bahan tanpa tambahan gula atau garam. Disarankan untuk menunggu 3-5 hari sebelum mengenalkan makanan baru berikutnya. Dengan begitu, jika Si Kecil mengalami reaksi berupa muntah, diare atau ruam, orang tua bisa dengan mudah mengetahui penyebabnya. Segera hentikan pemberian jenis makanan yang menjadi penyebab penyakit tersebut.

Makan sederhana yang dimaksud adalah makanan satu bahan tanpa tambahan bahan lain baik itu cuma garam ataupun gula. Sangat disarankan untuk menunggu 3-5 hari hingga mengenalkan makanan baru, hal tersebut dimaksudkan jika Si Kecil mengalami reaksi ruam atau diare, orang tua bisa mudah mengetahui penyebabnya. berikut diantaranya

1. Kacang Lentil – Makanan Pendamping ASI Sederhana

Dilihat sekilas kacang ini mirip kacang hijau. Bahkan tidak sedikit yang menyebutnya kacang hijau saking miripnya, yang membedakan hanya warna yang sedikit berbeda dengan kacang hijau.

Kacang satu ini sangat cocok untuk menu makanan bayi pendamping ASI. Kacang lentil masuk dalam daftar makanan terbaik yang diberikan pada bayi dikarenakan mempunyai kandungan protein dan serat yang tinggi

Kacang ini disajikan dengan campuran sayuran, oregano atau kemangi. Sebelum mengolah sayuran satu ini, sebaiknya direndam terlebih dahulu kurang lebih 12 jam, supaya tekstur kacang lebih empuk. Setelah itu anda perlu merebusnya dan dihaluskan menggunakan blender dan siap diberikan untuk si kecil.

2. Labu Kuning – Makanan Pendamping ASI Sederhana

Labu kuning sering kali dijadikan bahan guna membuat berbagai makanan, mulai dari makanan asin sampai yang manis. Tidak jarang labu kuning dijadikan bahan campuran untuk membuat kolak ketika bulan Ramadhan. Rupanya labu kuning tidak hanya cocok disantap orang dewasa, bahan satu ini baik diberikan pada bayi juga.

selain kaya serat, labu kuning mengandung vitamin A dan C yang berlimpah. Anda bisa memberikan bahan makanan satu ini pada si kecil dengan memanggang atau merebusnya. untuk menambah rasa bisa ditambahkan taburan keju atau dicampur aneka jenis sayur lain. Tentu si kecil akan sangat menikmatinya, apalagi kalau diberikan sambil diajak jalan-jalan keluar menggunakan kereta dorong bayi.

3. Brokoli – Makanan Pendamping ASI Sederhana

Jenis sayuran sehat selanjutnya yakni brokoli. Sudah tidak asing di telinga tentunya. Kandungan folat, serat dan kalsium yang ada pada brokoli membuat sayur satu ini sangat direkomendasikan untuk diberikan pada si kecil. Selain daripada itu brokoli juga disinyalir bisa meningkatkan nafsu makan bayi.

Untuk menyajikan tidaklah sulit, cukup potong kecil-kecil, kukus kemudian dinginkan lalu berikan pada si kecil. Selain itu, brokoli bisa dipakai sebagai teether dengan cara mendinginkan bahan ini di dalam lemari es. Untuk mengurangi bau pada brokoli bisa dengan cara meredam brokoli dalam air panas selama 3 menit.

buah untuk si kecil mpasi
hellosehat.com

4. Blueberries – Makanan Pendamping ASI Sederhana

Buah berwarna biru tua ini berasal dari flavonoid yang disebut anthocyanin. kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak, mata dan saluran kemih pada bayi.

Anda bisa menyajikan bahan ini dalam bentuk juice. Warna yang menarik tentu akan membuat si Kecil tertarik untuk mencicipi nya.

Mayoritas bayi diatas 6 bulan dan kurang dari 10 bulan sudah bisa mengkonsumsi makanan padat yang dicincang halus dalam porsi kecil. Tentunya makanan yang disajikan dengan cara ini diantaranya buah buahan, sayuran, keju, daging matang dan pasta.

Pemberian Makanan pendamping ASI ini akan terus meningkat seiring usia bayi mendekati satu tahun. Memberikan MPASI merupakan salah satu kunci pendukung tumbuh kembang bayi. Oleh sebab itu, sebagai orang tua sudah selayaknya menyiapkan MPASI dengan sebaik dan sebergizi mungkin.

Demikian beberapa menu MPASI yang bisa anda jadikan referensi.

Mengcopy wajib cantumkan sumber

Related Post

Leave a Comment