Advertisements

Apa Saja yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Naik Kereta Api untuk Pertama Kali

Baru pertama kali naik kereta api KAI? Yang namanya pengalaman pertama, untuk hal apa saja pasti rasanya ada yang bikin deg-degan ya. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena ada beberapa informasi yang bisa membantu buat yang baru pertama kali naik kereta api. Apa saja? Simak di sini yuk…

Tiket Kereta Api Sekarang Sudah Bisa Dibeli Online Loh

Dulu, beli tiket kereta api memang harus antri di loket dan berdesakan serta banyak calo. Tetapi sekarang hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Sudah sejak beberapa tahun lalu PT KAI menerapkan sistem pembelian tiket secara online.

Dapatkan tiket dari partner no.1 KAI, Traveloka. Kamu bisa mengaksesnya lewat komputer atau laptop, dan bisa juga melakukan transaksi melalui aplikasi Traveloka yang navigasinya sangat mudah. Selain terpercaya, membeli tiket lewat Traveloka juga bisa dapat banyak promo menarik, lho.

Tak Hanya Kereta Langsung, Kamu Juga Bisa Pilih Kereta Lanjutan

Satu hal baru yang sekarang membuat perjalanan dengan KAI jadi lebih mudah dan fleksibel adalah adanya Kereta Lanjutan. Dengan sistem ini, kamu tetap bisa berangkat ke kota tujuan meski tiket kereta langsung sudah habis atau tidak tersedia. Cukup dengan satu kali transaksi, kereta lanjutan bisa jadi alternatif ketika musim liburan panjang tiba dan jumlah penumpang membludak.

Kereta Api Zaman Sekarang Itu ON TIME, Jadi Jangan Sampai Telat

Dulu jargon yang kerap didengar dari kereta api adalah bait lagu Iwan Fals, Kereta Tiba Pukul Berapa. Tapi sekarang hal tersebut sudah tidak terjadi lagi, karena sejak beberapa tahun lalu PT KAI mengubah sistem pemberangkatan kereta di seluruh Indonesia. Semuanya berangkat sesuai dengan jadwal dan tiba sesuai dengan waktu yang tertera di tiket. Kecuali ada kejadian luar biasa di tengah perjalanan, maka perjalanan kereta zaman sekarang selalu on time.

Sedia Jaket Ya, Karena di Semua Kelas Ada ACnya

sumber creativequarter.com

Naik kereta api ekonomi bakal kepanasan itu sudah jadi cerita lama. Karena sekarang PT KAI sudah menyediakan Air Conditioner alias AC di seluruh rangkaian gerbong kereta. Tidak hanya untuk tujuan jarak jauh, kereta jarak dekat pun gerbongnya sudah dilengkapi dengan penyejuk ruangan.

Semua Gerbong Bebas Asap Rokok

Buat penumpang anak-anak maupun dewasa, naik kereta api sudah pasti dijamin nyaman. Karena selain ada AC di semua kelas, PT KAI juga memberlakukan aturan dilarang merokok di semua rute perjalanan kereta api.

Jika ada penumpang yang ketahuan merokok, maka akan diturunkan di stasiun terdekat. Jadi, meski gerbongnya ber-AC dan semua pintu serta jendela tertutup, penumpang tidak akan merasa sesak dengan asap rokok.

Jelas penumpang menjadi prioritas PT KAI, mau bersantai sambil membaca buku, cari cari informasi, ngobrol dengan penumpang lain, stalking mantan atau tidur selama perjalanan? hmm semua bisa dilakukan dengan nyaman.

Jangan Lupa Check In di Stasiun

Cek-In-Mandiri-KAI-
sumber:aktual.com

Seperti ketika naik kereta, jangan lupa check in begitu kamu tiba di stasiun. Tiket yang sudah dibeli secara online, bisa kamu cetak sendiri di konter yang tersedia di stasiun dan lakukan check in minimal 30 menit sebelum kereta berangkat.

Siapkan kartu tanda pengenal sebelum check in ke dalam peron. Dan ingat, hanya penumpang yang boleh masuk ke dalam stasiun, pengantar hanya bisa menemani sampai halaman depan pintu masuk saja.

Semua aturan dari PT KAI ini adalah untuk kenyamanan penumpang. Belum terbiasa? Tenang saja, akan ada banyak petugas yang bisa dimintai informasi di stasiun nanti. Selamat naik kereta api.

Advertisements