bersepeda untuk mengecilkan perut

15 Olahraga Ringan Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut

olahraga lari untuk mengecilkan perut
berlari untuk mengecilkan perut via wellandyou.eu

15 Olahraga Ringan Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut – Orang dewasa baik pria maupun wanita yang memiliki usus (pencernaan) tidak sehat cenderung akan memiliki timbunan lemak yang berlebih di perutnya. Kondisi dimana terakumulasinya lemak pada perut lambat laun membuat kamu menjadi buncit. Pada dasarnya fenomena ‘perut buncit’ atau perubahan bentuk perut seseorang dipengaruhi oleh pola makan yang salah.

Terkhusus mereka yang kurang olahraga, suka begadang, minum – minuman beralkohol, para penyuka junk food, makan cemilan berlebih, makanan berminyak, perokok aktif, besar kemungkinan memiliki alat pencernaan yang tidak sehat.

Hal ini jika dibiarkan akan membawa dampak yang tidak baik untuk kesehatan, dikarenakan tubuh kita kelebihan racun/toksin, ditandai dengan gejala diantaranya, depresi, bau badan yang tidak enak, kulit bermasalah, cepat kelelahan, migrain, sakit kepala, tulang kaku, kembung dan yang pasti berat badan berlebih.

perut buncit diatasi dengan olahrga ringan
perut buncit yang menjadi masalah via torontoliver.ca

Memiliki tubuh langsing dan sehat merupakan dambaan setiap pria maupun wanita. Dengan tubuh langsing orang akan merasa lebih nyaman dan percaya diri saat beraktifas dimanapun dan kapanpun. Namun tak sedikit orang yang memiliki masalah dengan berat badan dan perut buncit ini, perut buncit disebabkan banyak faktor dari mulai makan, genetika dan beberapa faktor lainnya.

Di samping pola makan yang harus dijaga guna mengecilkan perut, kita juga harus melakukan olahraga, tak perlu berat, cukup lakukan olahraga ringan guna mengecilkan perut. Olahraga ringan merupakan cara yang mudah untuk mengecilkan perut tanpa harus banyak menyita waktu. Berikut 15 jenis olahraga ringan untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan cepat dan aman.

1. Bersepeda

bersepeda untuk mengecilkan perut
bersepeda merupakan olahraga ringan via www.sport-kendlbacher.com

Bersepeda adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Olahraga ini tergolong ringan dilakukan karena tidak memerlukan tenaga ekstra ketika melakukannya. Kamu bisa melakukannya setiap hari bisa sore maupun pagi hari. Ini akan lebih efektif kalau dilakukan ketika berangkat kerja atau kuliah setiap harinya. Bike to work sekalian mengurangi polusi udara.

Tak perlu memaksakan diri ketika bersepeda, lakukan saja dengan kontinyu. Olahraga ringan ini untuk mengecilkan perut dan paha juga lengan. Bersepeda akan banyak menggerakkan otot kaki, perut dan tangan. Olahraga ini juga murah dikantong tak perlu pelatih ataupun pembiayaan khusus lainnya.

2. Ball Crunch

ball crunch merupakan olahraga ringan untuk mengecilkan perut
cara mengecilkan perut dengan metode ball crunch via www.mynewday20.ga

Termasuk katagori olahrga baru, untuk mengecilkan pertu dan bagian atas tubuh lainnya. Yaitu dengan menggunakan bantuan bola, untuk melakukannya kamu harus mempunyai bola, atau mendatangi tempat fitness. Caranya seperti sit up tetapi badan atas kita dibaraingkan diatas bola tersebut.

3. Jogging

olahraga ringan untuk mengecilkan perut
lari pagi via globalsportsforum.org/

Untuk kamu yang tidak mempunyai sepeda atau hobi lari, olahraga ini sangat cocok. Siapapun bisa karena tanpa biaya sama sekali. Cukup menyediakan celana training serta baju kaosnya,dan sepasang sepatu jikalau ada. Semakin sering melakukannya semakin bagus, lakukan dengan rutin minimal satu minggu sekali.

Olahraga joging cocok dilakukan untuk semua usia, menjadi hiburan tersendiri bagi kebanyakan orang dan sangat efektif untuk mengecilkan perut buncit, bisa juga berefek pada kaki dan paha serta lengan lebih mengecil dan berotot. Ketika berlari carilah tempat yang dindang semisal taman kota, selain untuk kebugaran juga sangat baik untuk pernafasan.

4. Push Up

push up sebagai olahraga ringan untuk mengecilkan perut
push up via reps-id.com

Deengan rajin melakukan olahraga ringan, push up bisa meningkatkan kadar hormon testosteron pada tubuh serta meningkatkan kekuatan otot. Dalam sebuah studi kadar testosteron tubuh dapat menjaga jumlah lemak di perut agar tidak bertambah.

Push up merupakan olahraga ringan untuk yang bisa mengecilkan lengan, perut dan juga paha. Kamu bisa melakukannya hanya 5 kali setiap harinya pada minggu pertama dan minggu berikutnya jumlah push up ditambah.

5. Vertikal Leg Crunch

vertical leg crunches sangat efektif untuk mengecilkan perut
cara ini efektif untuk mengecilkan perut via bodybuilding-wizard.com/

Olahraga ringan yang satu ini sangat mirip dengan sit up, yang berbeda adalah posisi kedua kaki diangkat tinggi ke atas hingga lurus. Berbaringlah telentang menghadap atas kemudian angkat kedua kaki lurus keatas, lalu cukup angkat tubuh atasmu kedepan seperti ketika sit up, dengan meletakkan kedua tangan dibelakang kepala.

6. Sit Up

rutin sit up untuk mengecilkan perut
sit up untuk mengecilkan perut via t3.ftcdn.net

Sit up secara rutin terbukti ampuh untuk mengecilkan perut cara ini tanpa mengelurkan modal sepeserpun. Cukup tenaga kemudian lakukan gerakan sit up. Berbaringlah dengan lutut sedikit ditekuk, letakkan lengan didekat telinga, ayunkan tubuh kamu kedepan jika dirasa sedikit sulit kamu bisa meminta orang lain untuk memegang kakimu,
Ulangi gerakan itu sampai kamu merasa cukup, tidak perlu memaksakan diri secukupnya saja, tapi lakukan setiap hari, Olahraga ringan sit up sangat efektif untuk mengecilkan perut buncit.

7. Eliptical Trainner

eliptical trainner sangat efektif jika kamu tidak bisa keluar rumah
Eliptical Trainner via getstarched.wordpress.com

Jika kamu biasa memasuki tempat fitnes, pastilah kenal dengan alat olahraga satu ini, bentuknya terdiri dari pijakan kaki dan juga stang yang menjadi pegangan. Olahrafga ringan ini bisa membarkar lemak pada tubh bagian bawah juga baik untuk otot bagian atas, termasuk perut dan juga lengan.

8. Hola hop

hola hop untuk mengecilkan perut dan mengencangkan pinggang
anak kecil bermain hola hop via ecx.images-amazon.com/

Hola hop termasuk kategori olahraga ringan yang tidak semua orang bisa melakukannya, cobalah berlatih untuk memakainya, olahraga hola hop sangat efektif untuk kamu yang berusaha mengecilkan perut dan mengencangkan otot pinggul. Lakukan dengan rutin setiap harinya.

9. Back up

back up untuk mengecilkan perut
anak kecil melakukan back up via youtube.com

Back up salah satu olahraga ringan yang termasuk sulit untuk dilakukan tetapi olahraga ini cukup efektif untuk mengurangi kebuncitan perut. Dilakukan dengan cara tidur tengkurap menghadap lantai, kemudian kamu tegangkan tubuh bagiab atas dan bagian bawah secara bersamaan dengan kondisi leher dan kaki tetap lurus. Lakuakn ini berulangkali untuk mendapatkan hasil maksimal

10. Sikap lilin

sikap lilin
sikap lilin untuk mengecilkan perut via 2.bp.blogspot.com/

Olahraga ringan ini tergolong susah bagi sebagian orang, seseorang harus mempunyai tenaga dan keseimbangan yang kuat untuk bisa melakukannya, caranya dengan telentang kemudian kedua kaki diangkat ke atas, angkat juga pantat lurus tahan mengguankan kedua tangan di pinggang. Tahan beberapa saat kemudian turunkan perlahan. Lakukan berulangkali dan sesering mungkin.

11. Squat

squat via www.l-men.com
squat via www.l-men.com

Squat merupakan latihan yang sangat mudah dan dpat dilakukan oleh siapa saja. Untuk pemula lakukan saja olahraga satu ini tanpa menggunakan alat bantu, menggunakan tubuh kita sendiri sebagai beban. Olahraga ringan ini selain untuk mengecilkan perut juga dapat memperkuat tulang belakang.

12. Jalan Cepat

jalan cepat di sore hari
jalan cepat via henyauliawati.wordpress.com

Jalan cepat merupakan olahraga yang sangat ringan, sekaligus bisa mengecilkan perut buncitmu. Kegiatan jalan cepat ini bisa kamu lakukan setiap hari, bisa juga diaplikasikan dalam aktfitas sehari hari ketika bepergian dengan berjalan kaki. Lakukan dengan teratur.

13. Renang

renang untuk mengecilkan perut
berenang di kolam renang untuk mengecilkan perut via www.portalrenang.com

Beberapa orang mengkategorikan renang sebagai salah satu olahraga ringan. Dengan berenang kamu bisa mengecilkan dan mengurangi semua lemak pada tubuh dari mulai perut, lengan tangan, dan juga paha.

14. Bycicle Exercise

mengecilkan perut termasuk cara untuk mengecilkan perut buncit
mengecilkan perut via www.mensfitness.com

Ini alternatif bagi mereka yang ingin bersepeda tapi tidak mempunyai sepeda atau karena sepedanya rusak, karena gerakannya hampir sama dengan orang yang mengayuh sepeda. Caranya dengan berbaring kemudian letakkan kedua tangan dibelakang kepala sambil menekuk lutut dan juga mengangkat pundak lakukan bergantian kanan kiri. Sesuai gambar.

15. Lompat tali

lompat tali
lompat tali via 3.bp.blogspot.com/

Olahraga lompat tali merupakan olahraga klasik yang sudah ada sejak lama. Di era 90an lompat tali termasuk jenis permainan yang sangat digandrungi anak-anak terutama yang perempuan. Seiring perkembangan waktu lompat tali berubah menjadi olahraga yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hal tersebut tidaklah aneh karena saat melakukan lompat tali seluruh tubuh akan bergerak terutama otot kaki, paha perut dan lengan. Olahraga ringan ini bisa mengecilkan lengan kaki, paha, perut dan lengan tangan karena hampir semua anggota tubuh bergerak saat olahraga lompat tali.

Itulah tadi penjelasan rinci 15 olahraga ringan untuk mengecilkan perut. Kamu bisa memilih salah satu olahraga ringan mengecilkan perut diatas yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu. Disamping olahraga ringan kamu wajib menjaga pola makan. Karena penyebab utama perut buncit adalah pola makan yang tidak sehat. Kebiasan diatas jangan dilakukan hanya untuk mengecilkan perut saja. Tetapi lakukan secara rutin meski hanya sebentar guna menjaga kesehatan dan kebugaran.

anak kecil bermain sepak bola
anak kecil melakukan olahraga untuk menyehatkan tubuhnya

Sesekali lakukan juga olahraga berat semisal sepak bola, futsal, voli, tenis lapangan atau semacamnya. setidaknya dua minggu sekali. untuk melemaskan otot dan juga membakar lemak yang ada dalam perut kita. good luck. Silahkan dicoba. Semoga perutnya lekas mengecil.

1 thought on “15 Olahraga Ringan Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut

  1. Memang harus olahraga jika menginginkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal ya min. Terimakasih min infonya. Ditunggu updatetan lainnya.

Leave a Comment