7 Oleh oleh Khas Jogja Paling Populer dan Terfavorit bagi Wisatawan

OLEH OLEH KHAS JOGJA – Kota yang terkenal akan gudegnya ini, menyimpan berbagai makanan hingga barang untuk buah tangan yang sayang untuk dilewatkan. Pusat oleh – oleh yang mempunyai beragam barang khas jogja salah satunya terdapat di Malioboro, tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar jalan Malioboro.

Banyak oleh – oleh khas jogja yang wajib dibeli ketika berkunjung di Kota pelajar ini. buah tangan yang terkenal di kota gudeg ini yaitu bakpia pathuk, dengan rasa khas keistimewaan Jogja. Serta masih banyak lagi keunikan cinderamata lainnya.

Oleh – oleh Khas Jogja

BATIK JOGJA

batik jogja oleh oleh khas jogjaKurang afdol rasa jika berkunjung ke Jogja tidak membeli barang yang satu ini. Kota yang memiliki sentra batik yang banyak, menjadi ikonik bagi Kota Jogja. Beragamaneka ragam corak dan motif batik tentunya menjadi kebanggaan kota ini.

Menjadi barang paling banyak digemari wisatawan, jelas menjadi oleh – oleh favorit yang tak habis dimakan waktu. Tentunya dengan menyediakan dari harga yang murah hingga harga mewah. Banyak pusat – pusat cinderamata yang menyuguhkan keindahaan kain batik misalnya Pasar Beringharjo dan Malioboro.

KERAJINAN PERAK

kerajinan perak oleh oleh khas jogjaKeunikan kerajinan perak asal Jogja memang tidak ada duanya, sentra kerajinan perak berada di Kota Perak Kotagede yang terletak 5 km dari pusat Kota Jogja. Berbagai kerajinan yang berasal dari perak dengan  segala keunikan dan keindahaan ada disini, hal ini yang meningkatkan daya tarik wisatawan untuk mengujungi Kota Jogjakarta.

Di Kotagede kalian akan melihat kerajinan perak dengan beragam bentuk dan corak mulai dari pernak pernik, perhiasan, patung, hingga miniature. Jangan khawatir tentang harga pastinya bersahabat  dengan kantong. Sentra kerajinan perak di Kotagede ini sudah ada sejak zaman kerajaan mataram.

GERABAH KASONGAN

gerabah oleh oleh khas jogja

Tidak hanya terkenal dengan kerajinan peraknya, Kota Jogja juga memiliki kerajinan yang lainnya. Yaitu kerajinan Gerabah Kasongan, berasal dari tanah liat yang dibuat menjadi berbagai bentuk gerabah seperti vas, kendi, serta hiasan rumah lainnya.

Di Desa Kasongan, Kasihan, Bantul pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan kerajinan tanah liat ini. Oleh – oleh yang memiliki kesan etnik serta tahan lama dan anti basi tentunya bisa masuk dalam list untuk dibeli sebagai hiasan yang mempercantik rumah.

GUDHEG

gudeg oleh oleh khas jogjaSesuai dengan julukan, gudheg merupakan salah satu makanan khas Kota Jogja. Masakan dengan bahan dasar nangka muda (gori) yang diolah bersama bumbu rempah – rempah tradisional khas Jogja memiliki rasa gurih bercampur manis yang sedap, tentunya akan mengoyang lidah.

Hampir disemua rumah makan yang tersebar di kota ini menjadi gudheg sebagai menu andalan dengan harga yang terjangkau. Banyak rumah makan atau restoran menyediakan dua jenis gudheg yakni gudheg berkuah dan gudheg kering yang lebih banyak dipilih wisatawan untuk dijadikan oleh – oleh karena lebih mudah untuk dikemas serta praktis.

BAKPIA

bakpia oleh oleh khas jogjaBakpia merupakan kue yang berasal dari warga keturunan Tionghoa. Bakpia dengan tekstur kulit renyah tapi tidak keras, memiliki rasa legit dari kacangijo yang merupakan rasa original dari bakpia. Seiring berjalannya waktu banyak produsen bakpia lebih mengemas dengan inovatif, menghadirkan berbagai varian rasa seperti coklat, keju, hingga durian.

Buah tangan ini cocok menjadi camilan bersama keluarga. Produk yang sudah banyak merajai di pusat oleh – oleh adalah Bakpia pathuk 25. Di sentra produksi bakpia, pengunjung juga dapat mengetahui proses pembuatan bakpia, dan juga bisa ikut serta dalam pembuatan bakpia.

GEPLAK

geplak oleh oleh khas jogjaOleh – oleh satu ini terbuat dari parutan kelapa dan gula jawa atau gula pasir, mempunyai rasa yang sangat manis serta dengan berwarna – warni cantik. Sebenarnya geplak yang berwarna –warni merupakan hasil modifikasi baru, sedangkan geplak original berwarna putih yang berasal dari gula pasir serta geplak coklat berasal dari gula jawa.

YANGKO

Jika Jepang punya moci, Indonesia punya yangko khas Jogja. Makanan adopsi dari jepang ini dibuat dengan bahan dasar tepung ketan dibentuk kotayangko oleh oleh khas jogjak kecil – kecil di selimuti oleh tepung terigu. Sensasi rasa kenyal dan rasa manis perpadu di mulut. Untuk menambah selera yangko diberi perwarna makanan warna  warni yang cantik.

Yangko tidak kalah enaknya dengan oleh – oleh khas Jogja lainnya. Umumnya satu kotak yangko terdiri dari 30 yang memiliki varian rasa yang berbeda – beda. yangko dapat ditemui di berbagai pusat oleh – oleh di Jogja.

SALAK PONDOH

salak pondoh oleh oleh khas jogjaBuah yang berasal dari sekitar Gunung Berapi, memiliki tekstur, rasa, hingga warna berbeda dari buah salak lainnya. Dengan rasa manis tanpa ada rasa asam sedikit pun mempunyai tekstur isi daging yang tebal serta berwarna putih bersih. Daerah Magelang, Muntilan, dan Sleman dimanfaatkan untuk membudidayakan salak. Sebab rasanya manis serta nikmat tentunya sayang untuk dilewatkan.

Demikian tadi beberapa oleh oleh khas kota gudeg yang bisa kamu icipi ketika mampir ke Yogyakarta. Atau jangan-jangan kamu sudah memilih sendiri oleh oleh khas jogja yang biasa kamu jadikan buah tangan?. Yuk share oleh oleh khas jogja apa yang belum disambut, silahkan komen dibawah. inshaallah kami tambahkan