Pengertian Investasi: Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Investasi

Mempersiapkan diri untuk kehidupan yang lebih baik merupakan salah satu dari pentingnya memiliki jaminan hidup, di era modern seperti sekarang ini akan sangat dibutuhkan langkah antisipasi menghadapi masa mendatang salah satunya dengan berinvestasi.

Investasi memiliki nilai penting untuk dapat menjadi suatu tabungan atau persiapan untuk kehidupan yang lebih mapan di masa mendatang, terutama ketika investasi yang dilakukan mampu memberikan keuntungan yang maksimal.

Untuk dapat melakukan sejumlah investasi yang tepat dan menguntungkan kita semestinya mengetahui dan memahami pengertian hingga jenis-jenis dari investasi.

Pengertian Investasi

Investasi adalah istilah yang digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan akumulasi dalam bentuk aktiva dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan. (wikipedia)

Secara umum pengertian investasi merupakan kegiatan atau aktivitas menempatkan dana pada suatu proses dengan harapan aktivitas tersebut mampu menghasilkan keuntungan atau memberikan peningkatan nilai pada periode tertentu.

Selain pengertian secara umum terdapat beberapa definisi atau arti dari investasi yang disampaikan oleh para ahli, di antaranya sebagai berikut;

  1. James C Van Horne

Investasi adalah memanfaatkan kas saat ini dengan tujuan mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

  1. Fitz Gerald

Merupakan aktivitas yang berkaitan dengan penarikan sumber dana yang digunakan untuk pengadaan modal saat ini, yang nantinya di harapkan menghasilkan modal baru di masa mendatang.

  1. Haming dan Basamalah

Investasi adalah berbagai pengeluaran untuk pembelian aktiva riil maupun keuangan secara umum aset pada saat ini, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar di masa mendatang.

  1. Mulyadi

Investasi merupakan pengaitan sumber – sumber dana pada periode tertentu untuk memperoleh laba atau keuntungan kemudian.

  1. Sadono Sukirno

Investasi adalah pembelanjaan oleh penanam modal untuk membeli barang modal dan berbagai perlengkapan produksi dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan produksi barang atau jasa dalam lingkup perekonomian

  1. Sunariyah

Penanaman modal pada satu atau lebih aktiva pada jangka waktu tertentu dengan harapan menghasilkan keuntungan di kemudian hari, itulah investasi menurut Sunariyah.

  1. Henry Simamora

Investasi menurut Henry yaitu suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kekayaan. Dalam hal ini aktiva yang di investasikan berupa barang modal maupun modal keuangan.

  1. Salim HS dan Budi Sutrisno

Merupakan aktivitas penanaman modal oleh investor,dengan tujuan mendapatkan laba atau keuntungan.

Tujuan Investasi dalam Bisnis

Setelah mengetahui investasi dari segi pengertian berikut ini merupakan berbagai tujuan dari investasi;

1. Memperoleh Penghasilan Tetap

Dengan berinvestasi para investor akan memperoleh penghasilan atau pendapatan secara aktif maupun pasif setiap jangka waktu tertentu, sebagai contoh investasi saham (baca: pengertian saham) maka investor akan mendapatkan dividen pada setiap triwulan atau setiap akhir tahun

2. Memperbesar Bisnis atau Usaha

Menambah nilai investasi dalam bentuk permodalan merupakan upaya memperbesar bisnis atau usaha, semakin besar investasi modalnya maka tingkat produksi barang atau jasa juga semakin tinggi, maka bisnis menjadi lebih besar.

3. Jaminan Bisnis

Melakukan investasi juga dapat bertujuan sebagai jaminan bisnis, ketika investasi dilakukan pada supplier atau bisnis yang lebih besar maka bisnis akan terjamin secara operasional

4. Mengurangi persaingan

Dengan adanya investasi maka persaingan bisnis dengan peluang yang sama akan berkurang karena investor akan lebih memilih berinvestasi dari pada membuka usaha sendiri.

Baca Juga  Pengertian Dividen Dalam Akuntansi, Jenis dan Teori Kebijakannya

Manfaat Investasi

Bukan hanya tujuan yang dapat menjadi pertimbangan investasi tetapi juga manfaat dari investasi itu sendiri juga penting untuk di ketahui, sehingga lebih matang untuk berinvestasi. Manfaat dari investasi adalah sebagai berikut ;

a. Memenuhi kebutuhan masa mendatang

Dengan melakukan investasi sekarang akan dapat menjadi tabungan untuk memenuhi kebutuhan masa mendatang, hal ini sesuai dengan pengertian dan tujuan dari investasi itu sendiri.

b. Menambah aset

Keberadaan investasi dapat menjadi upaya penambahan aset yang di miliki, penambahan aset dapat berasal dari keuntungan atau investasi yang di lakukan memang berupa suatu aset seperti property dan lainnya. Lebih lengkap tentang aset baca disini.

c. Menghindari hutang

Investasi dapat menjadi salah satu upaya menghindari hutang – piutang, hal ini berkaitan dengan income yang dapat diperoleh dari investasi sehingga kebutuhan akan terpenuhi tanpa adanya hutang

d. Gaya hidup hemat

Investasi juga dapat menjadi pengendali pengeluaran sehingga dapat menerapkan pola hidup hemat.

Bentuk Investasi

Bentuk investasi di bedakan menjadi dua yaitu ;

  • Aktiva riil. Adalah bentuk investasi yang dapat dilihat secara fisik, seperti emas, properti, tanah, logam dan lainnya
  • Aktiva finansial. Sesuai namanya ini adalah investasi virtual atau tidak berbentuk fisik biasanya berupa dokumen berharga seperti saham, deposito dan lain sebagainya.

Jenis – Jenis Investasi

Mulai dari pengertian, tujuan dan manfaat dari investasi telah di jabarkan, kurang lengkap jika tidak mengetahui tentang jenis – jenis investasi. Mengingat jenis ini yang kemudian akan menjadi pilihan untuk melakukan investasi. Adapun jenis investasi di antaranya adalah ;

  1. Deposito

Penanaman modal dalam bentuk simpanan uang di bank dengan pendapatan berupa bunga dalam periode waktu tertentu sesuai dengan perjanjiannya, deposito memiliki dua jenis yaitu berjangka dan sertifikat deposit. Lebih lanjut tentang deposito silahkan cek postingan pengertian deposito.

  1. Saham

Investasi ini merupakan investasi yang banyak diminati investor saat ini, yaitu investasi berupa pembelian bagian kepemilikan suatu perusahaan dengan bentuk surat berharga yang dapat diperjualbelikan. Selain itu ini juga merupakan investasi jangka panjang dengan income pasif yang tinggi disebut dividen.

  1. Emas

Investasi yang dilakukan dengan pembelian emas baik dalam bentuk perhiasan maupun emas batangan, ini menjadi pilihan yang menguntungkan karena harga jual emas cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

  1. Properti

Salah satu bentuk investasi riil properti dapat berupa rumah, hotel, penginapan bahkan indekos dan apartment. Investasi ini memiliki tingkat keuntungan tinggi sebanding dengan modalnya.

  1. Obligasi

Investasi dengan menyediakan pinjaman modal, ini menjadi pilihan menarik ketika kemampuan manajemen obligasinya profesional sehingga keuntungan dapat diperoleh lebih tinggi bahkan dari deposito.

  1. Reksadana

Merupakan jenis investasi gabungan atau perhimpunan dengan berbagai investor lain melalui manajer investasi. Ini merupakan salah satu investasi berisiko rendah, karena selain modal yang tidak terlalu tinggi. Lebih lengkap tentang reksadana klik disini.

Penjelasan mengenai investasi sampai pada jenisnya ini dapat menjadi acuan dalam pemilihan investasi yang akan di lakukan, tetapi pertimbangan terpenting adalah kemampuannya dalam melakukan investasi sehingga tidak harus di paksakan namun tetap menguntungkan.