Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Keuangan dan bisnis memerlukan pengelolaan yang tepat untuk dapat menjadi suatu keuntungan dan pemenuhan kebutuhan yang tepat. Dalam berbagai aspek hal yang berkaitan dengan pengelolaan atau pengaturan lebih dikenal dengan manajemen.

Manajemen keuangan (financial management) adalah semua aktivitas berkaitan dengan cara mendapatkan, menggunakan, dan mengelola keuangan. Kegiatan manajemen keuangan bertujuan mengelola dana maupun aset untuk menghasilkan profit.

Aktivitas dari manajemen keuangan dalam perusahaan terdiri dari 3 aktivitas yaitu:

  1. Perolehan dana
  2. Penggunaan dana
  3. Pengelolaan aktiva

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Ahli

Selain dari pengertian manajemen secara umum, berikut ini beberapa pengertian manajemen yang disampaikan oleh ahli ;

  1. Bambang Riyanto

Manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan pendanaan yang diperlukan dengan biaya minimal, dan menggunakannya se efisien mungkin untuk memperoleh keuntungan.

  1. Agus Sartono

Semua yang berhubungan dengan alokasi dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif, dan juga usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi tersebut secara efisien.

  1. Sutrisno

Arti dari manajemen keuangan meliputi semua aktivitas perusahaan untuk memperoleh dana dengan biaya yang murah, untuk memakai dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.

  1. Sonny S

Mengartikan manajemen keuangan sebagai seluruh kegiatan perusahaan untuk mendapatkan dana, menggunakan dana, dan mengelola aset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh

  1. James Vanhorne

Semua aktivitas yang berhubungan dengan perolehan dan pengelolaan dana, dengan tujuan aktivitas yang efisien dalam perusahaan

  1. Weston & Copeland

Pengertian manajemen keuangan adalah fungsi dan tanggung jawab para manajer keuangan. Fungsi manajemen keuangan menyangkut berbagai keputusan tentang penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha, dan pembagian dividen dalam perusahaan.

  1. Grestenberg

Berkaitan dengan penyelenggaraan bisnis untuk mendapatkan dana dan menggunakan dana tersebut dan juga distribusi dari bisnis tersebut.

  1. J.F. Bradley

Manajemen keuangan adalah bidang manajemen yang mengelola penggunaan modal secara bijaksana dari setiap sumber modal untuk mencapai tujuannya.

  1. J.L. Massie

Manajemen keuangan merupakan aktivitas operasional yang bertanggung jawab atas pendapatan dana dan penggunaannya dalam kegiatan operasional bisnis yang efektif dan efisien.

Setelah mengetahui detail manajemen keuangan dari pengertiannya, akan lebih lengkap jika kita mengetahui detail ruang lingkup dari manajemen tersebut.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Berkaitan dengan pengelolaan aset suatu bisnis atau perusahaan, manajemen keuangan memiliki lingkup sebagai berikut ;

Keputusan Pendanaan

Keputusan pendanaan dalam manajemen keuangan berkaitan dengan sumber dana internal maupun eksternal lengkap dengan cara memperolehnya. Untuk memperoleh pendanaan ini perusahaan biasanya menerbitkan obligasi, mencari modal tambahan dari hutang jangka pendek dan panjang.

Keputusan Investasi

Pada manajemen keuangan ini merupakan salah satu keputusan penting, yaitu proses penanaman modal pada berbagai aktivitas investasi (baca: Pengertian Investasi) dengan tujuan memperoleh profit.

Keputusan Pengelolaan Aset

Ini merupakan langkah manajemen berkaitan dengan pengelolaan aset (baca: Pengertian Aset) secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan dari manajemen dan perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan

Beberapa tujuan yang harus di capai dengan melakukan kegiatan manajemen keuangan di antaranya sebagai berikut ;

  1. Memaksimalkan keuntungan. Dengan pengelolaan yang tepat manajemen keuangan dapat memaksimalkan keuntungan jangka panjang perusahaan
  1. Menjaga arus kas. Menjaga arus pengeluaran dan pendapatan secara bersamaan sehingga dapat melakukan pengendalian pengeluaran untuk tetap aman dan seimbang untuk perusahaan
  1. Mempersiapkan modal. Membentuk struktur modal dengan tepat melalui pengelolaan sumber dana internal dan juga pinjaman dengan efektif dan efisien
  1. Memaksimalkan manfaat keuangan perusahaan. Manajemen keuangan dapat membuat perencanaan penggunaan keuangan perusahaan, dan mengawasi operasionalnya dengan tepat, sehingga pemanfaatan dana dapat di maksimalkan.
  1. Mengoptimalkan kekayaan perusahaan. Ini berkaitan dengan kinerja perusahaan, manajemen keuangan dapat menjadi kontroler dari kinerja tersebut agar menghasilkan profit lebih tinggi.
  1. Meningkatkan efisiensi. Manajemen keuangan mengatur distribusi keuangan dan pendanaan dengan efisien ke semua bagian operasional
  1. Memastikan stabilitas perusahaan. Dengan mengelola secara tepat maka jelas kondisi perusahaan dalam keadaan stabil
  1. Meminimalisir resiko operasional. Pengelolaan keuangan yang tepat dapat mengarahkan operasional kepada sistem dan pola alokasi yang tepat sehingga resiko terjadinya kerugian sangat minimalis
  1. Mengurangi biaya modal. Manajemen keuangan dapat menciptakan struktur modal yang tepat guna sesuai kondisi perusahaan dengan perbandingan biaya modal kecil keuntungan besar.

Dari sederet tujuan dari manajemen keuangan tersebut, tentunya ini juga berkaitan dengan fungsi dari manajemen keuangan tersebut.

Fungsi Manajemen Keuangan

Secara umum fungsi dari manajemen keuangan adalah sebagai berikut :

  • Perencanaan Keuangan

Manajemen keuangan berfungsi sebagai pembentuk anggaran, mulai dari perhitungan aset, distribusi dan target dari operasional dana tersebut.

  • Pengendalian Keuangan

Mengatur dan mengawasi alokasi keuangan di setiap kegiatan operasional melalui evaluasi berkala, hal ini dapat dijadikan acuan yang berkelanjutan

  • Pemeriksaan Keuangan

Mengawasi dan memastikan operasional dana dilakukan dengan tepat pada setiap bagian manajemen sehingga akan diketahui ketika ada penyimpangan

  • Pelaporan Keuangan

Detail catatan mengenai berbagai kegiatan yang melibatkan dana atau keuangan serta aset perusahaan, ini merupakan transparansi dari modal sampai menghasilkan profit atau keuntungan

Keberadaan manajemen keuangan dalam pengelolaan perusahaan atau bisnis memang sangat penting, karena dengan keberadaannya dapat menjadi acuan aktivitas anggaran atau dana modal untuk menghasilkan laba atau keuntungan.

Manajemen ini juga di perlukan untuk menjalankan operasional perusahaan secara menyeluruh, sehingga akan lebih baik jika di dukung oleh tim yang profesional dan memiliki keahlian dalam pengelolaan yang efektif dan efisien.