Penyebab dan Cara Mengatasi Kemiskinan yang Ada di Indonesia

Kemiskinan merupakan masalah yang umum di Indonesia. Kemiskinan ini sendiri tentunya disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya ialah pengangguran. Ya, angka pengangguran yang cukup tinggi di Indonesia juga menjadi penyebab angka kemiskinan yang tinggi pula. Tentu saja, tak hanya pengangguran yang menyebabkan angka kemiskinan menjadi semakin tinggi.

Namun, ada juga beberapa faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan. Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengatasi kemiskinan. Untuk bisa memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada Anda, berikut akan dijelaskan secara gambling.

Penyebab Kemiskinan yang Terjadi di Indonesia

Garis kemiskinan yang rendah menjadikan Indonesia masuk kedalam kategori negara berkembang. Tentu saja, garis kemiskinan yang rendah ini bukan berarti tanpa arti. Banyak sekali penyebab timbulnya akan kemiskinan yang semakin besar.

Jika tadi sudah dijelaskan bahwa pengangguran menjadi salah satu faktor penentu munculnya kemiskinan, namun nyatanya hal tersebut bukan menjadi penyebab utama mengapa angka kemiskinan yang ada di Indonesia tetap tinggi.

Suryadiningrat dalam Dadan Hudayana (2009:30), juga mengemukakan bahwa kemiskinan pada hakikatnya disebabkan oleh kurangnya komitmen manusia terhadap norma dan nilai-nilai kebenaran ajaran agama, kejujuran dan keadilan.

Hal ini mengakibatkan terjadinya penganiayaan manusia terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain. Penganiayaan manusia terhadap diri sendiri tercermin dari adanya :

  1. Keengganan bekerja dan berusaha,
  2. Kebodohan,
  3. Motivasi rendah,
  4. Tidak memiliki rencana jangka panjang,
  5. Budaya kemiskinan, dan
  6. Pemahaman keliru terhadap kemiskinan.

Sedangkan penganiayaan terhadap orang lain terlihat dari ketidakmampuan seseorang bekerja dan berusaha akibat :

  • Ketidakpedulian orang mampu kepada orang yang memerlukan atau orang tidak mampu dan
  • Kebijakan yang tidak memihak kepada orang miskin

Ada banyak sekali penyebab, bahkan  beberapa penyebab dari kemiskinan itu sendiri bisa dibilang sebagai faktor utama munculnya kemiskinan yang ada di negara ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut akan dijelaskan mengenai beberapa alasan mengapa angka kemiskinan tetap tinggi.

Laju Pertumbuhan Penduduk yang Cukup Pesat

eventzero.org

Untuk menekan angka pertumbuhan penduduk yang pesat dan sangat berimba pada tingkat kemiskinan yang tinggi ini, pemerintah berupaya untuk menggalakkan program keluarga berencana. Akan tetapi, hal ini nampaknya belum disambut dengan baik oleh beberapa masyarakat.

Pemahaman tentang “banyak anak banyak rejeki” menjadi salah satu pemahaman yang masih dipegang teguh oleh sebagian masyarakat. Padahal, sesuai dengan sensus penduduk yang dilakukan, pertumbuhan penduduk Indonesia selalu meningkat dalam waktu 10 tahun terakhir.

Hal ini juga menjadikan Indonesia tampak lebih terpuruk dengan beban ekonomi yang masih belum mapan. Bahkan, jumlah penduduk yang bekerja tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ditanggung. Tak hanya itu, penghasilan yang sedikit pun tetap menjadi alasan Indonesia berada dalam garis kemiskinan karena banyaknya beban yang harus ditanggung.

Angka Pengangguran Juga Cukup Tinggi

nusantara.news

Angka pengangguran yang cukup tinggi juga menjadikan Indonesia masih berada dibawah garis kemiskinan. Meski ada banyak sekali penyebab dan cara mengatasi pengangguran itu sendiri, namun kenyataan di lapangan bisa dibilang cukup parah.

Setiap tahun, Indonesia selalu mencetak lulusan dengan angka yang tinggi. Hal ini berbanding jumlah lapangan pekerjaan yang disediakan.

Tak hanya itu, banyaknya pelamar pekerja yang gagal saat melamar pekerjaan memang membuat angka pengangguran menjadi bertambah tinggi. Tidak sedikit dari mereka yang mencari tips interview atau wawancara kerja agar bisa lolos dalam seleksi wawancara yang dilakukan.

Namun, tidak sedikit pula yang masih tetap gagal melakukan beberapa tips tersebut. Tak heran, jika jumlah pengangguran yang ada di Indonesia juga semakin tinggi.

Banyak Masyarakat Indonesia yang  Memiliki Tingkat Pendidikan Rendah

masdik.com

Meski telah digalakkan wajib belajar 12 tahun, namun tidak sedikit warga Indonesia yang tidak lulus SMA. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang tidak lulus pendidikan dasar. Padahal, tidak sedikit perusahaan yang mensyaratkan pendidikan minimal SMA atau sederajat.

Baca Juga  Cara Mudah Cek Kuota Indosat, Axis, 3, XL, Telkomsel, dan Smartfren

Pendidikan yang rendah juga membuat masyarakat Indonesia memiliki tingkat kemampuan yang rendah pula. Hal ini yang membuat mereka tidak memiliki kompetensi untuk bisa bersaing di zaman yang semakin modern ini.

Pemerintah Kurang Memperhatikan Masyarakat

Tingkat kemiskinan tinggi yang terjadi di Indonesia bukan hanya disebabkan oleh masyarakatnya saja. Namun, hal ini tentu saja tidak jauh dari peran pemerintah yang kurang peka dengan laju pertumbuhan kemiskinan. Tak hanya itu, beberapa kebijakan yang dibuat oleh pemerintah juga dirasa masih kurang tepat bagi rakyat miskin.


Cara yang Tepat Untuk Mengatasi Kemiskinan

Untuk mengatasi kemiskinan yang terjadi di negara ini tentu saja harus dilakukan dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemiskinan yang ada. Namun tentunya, dalam mengatasi kemiskinan tersebut tentunya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar agar angka kemiskinan yang ada di Indonesia bisa diperbaiki.

Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

kepoberita.com

Salah satu masalah penyebab kemiskinan ialah banyaknya pengangguran. Dengan menyediakan lowongan pekerjaan yang lebih banyak, hal ini bisa sedikit membantu masalah pengangguran. Tentu saja, tak hanya pihak pemerintah yang membuka lowongan pekerjaan, pihak swasta juga harus memberikan kesempatan yang sama bagi para pencari pekerjaan.

Namun, membuka peluang usaha sendiri bisa dibilang jauh menjanjikan. Dengan membuka peluang usaha sendiri, tentu membuat Anda tidak perlu repot-repot untuk melamar sebuah pekerjaan. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan usaha yang Anda jalani tanpa harus bergantung pada orang lain.

Meningkatkan Fasilitas Layanan Umum

tol bali mandara via klimg.com

Akan ada banyak hal yang dibahas dalam penyebab dan cara mengatasi kemiskinan yang satu ini. Nah, meningkatkan fasilitas umum yang ada akan sangat membantu untuk mengatasi kemiskinan.

Salah satunya contohnya yakni dengan membangun fasilitas jalan bagi desa-desa yang ada di Indonesia. Jika, setiap daerah memiliki fasilitas jalan yang baik, maka hal ini akan sangat berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat sekitarnya.

Selain itu, meningkatkan layanan kesehatan juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Dengan tingginya akan kesehatan masyarakat Indonesia sendiri, maka hal ini sangat penting untuk meningkatkan angka kesejahteraan masyarakat.

Menghapus Larangan Impor Beras

import beras tetap dilakukan dengan kadar sewajarnya tdak berlebihan tirto.id

Rupanya, larangan impor beras yang ada saat ini bukan menjadi sebuah kebijakan yang tepat bagi para petani. Justru, hal ini akan sangat merugikan rakyat miskin. Menurut sebuah studi yang telah dilakukan, nyatanya larangan impor beras menambah jumlah kemiskinan hingga 1,5 juta jiwa.

Karena alasan itulah sehingga dilakukan penghapusan larangan impor beras menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Selain itu, mengganti larangan impor dengan biaya bea masuk yang lebih rendah serta memperbolehkan siapa saja untuk melakukan kegiatan impor bisa menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi kemiskinan.

Memperbaiki Kualitas Pendidikan

pendidikan adalah kunci kesuksesan suatu bangsa usembassy.gov

kualitas pendidikan yang rendah merupakan salah satu penyebab dan cara mengatasi kemiskinan karena pendidikan yang rendah ialah dengan meningkatkan kualitasnya. Meski ada program wajib belajar 12 tahun, namun jika hal tersebut tidak ditunjang dengan beberapa fasilitas dan program yang layak dan tepat, tentu hal tersebut tidak bisa berjalan dengan baik.

Tentu Penting bagi pemerintah untuk memberikan dana yang lebih bagi peningkatan fasilitas pendidikan untuk membantu mengembangkan pengetahuan siswa. Seliin itu, pemberian beasiswa bagi siswa yang kurang mampu juga menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi tingkat pendidikan yang rendah.

Banyak sekali usaha yang bisa dilakukan untuk menangani tingkat kemiskinan yang ada. Namun, hal tersebut juga tidak akan berjalan dengan baik jika hanya pihak pemerintah sendiri yang bekerja tanpa ada kerja sama yang baik dari pihak masyarakat. Nah, sekian mengenai pembahasan penyebab dan cara mengatasi kemiskinan yang satu ini, semoga bermanfaat.