Advertisements

Penjelasan Lengkap Rantai Makanan & Jaring-jaring Makanan Beserta Contohnya

RANTAI MAKANAN – Di dalam sebuah ekosistem, pasti terjadi hubungan antar organisme dan lingkungannya. Hubungan yang terjadi tersebut, sangatlah kompleks sehingga saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Hubungan yang terjadi antara unsur hayati dan juga unsur non hayati yang membentuk sebuah sistem ekologis yang sering kita sebut dengan ekosistem.Dan pola interaksi tersebut juga melibatkan aliran energi dan juga rantai makanan? Nah apa itu rantai makanan? Kita akan membahasnya di sini.

Rantai makanan adalah serangkaian proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan urutan tertentu dengan ada yang berperan sebagai produsen,  konsumen, dan dekomposer untuk kelangsungan hidupnya.

contoh rantai makanan
rantai makanan via .blogspot.com

Proses makan dan dimakan ini berlangsung secara terus menerus. Dan di dalam sebuah ekosistem, pasti terdapat beberapa macam makhluk hidup dengan perannya masing masing, seperti produser, konsumen, dan juga pengurai atau dekomposer.

Produsen

Apa itu Produsen? Produsen yaitu makhluk hidup yang berperan sebagai pembuat makanan sendiri. Maka dari itu produsen tidak memakan makhluk lain. Tetapi malah di makan oleh makhluk lainnya. Produsen juga merupakan makhluk hidup yang dapat membuat zat organik dari zat anorganik.

Biasanya produsen membuat makanan nya melalui proses fotosintesis. Contoh produsen diantaranya : tumbuhan hijau, alga, dan juga lemut.

Konsumen

Konsumen yaitu makhluk hidup yang bergantung pada makhluk lain karena dia tidak bisa memproduksi makanan sendiri seperti produsen. Maka dari itu untuk menjaga kelangsungan hidupnya, konsumen bergantung pada organism lainnya. Peran konsumen di dalam sebuah ekosistem biasa nya adalah hewan. Konsumen memiliki beberapa tingkatan:

Konsumen pertama (primer), konsumen I merupakan pemakan produsen atau tumbuhan dan biasanya disebut dengan konsumen herbivora. Contohnya seperti sapi, kelinci, kerbau dan lain lain.

Konsumen sekunder, konsumen ini merupakan pemakan konsumen pertama dan biasa disebut dengan konsumen karnivora.

Konsumen tersier, konsumen ini pemakan konsumen kedua. Dan seterusnya hingga konsumen yang terakhir yang disebut dengan konsumen puncak. Biasanya konsumen puncak merupakan hewan yang tidak bisa dimakan oleh hewan lainnya. Contohnya singa, buaya, elang.

Dekomposer atau Pengurai

Pengurai adalah organisme terakhir dalam rantai makanan. Karena pengurai merupakan organisme yang mampu mengubah zat organik menjadi zat anogarnik. Pengurai mengurai bangkai atau tumbuhan yang sudah mati lalu mengembalikan nutrisinya ke dalam tanah yang akan digunakan tanaman untuk berfotosintesis.

Dan di sinilah siklus dari rantai makanan dimulai lagi. Contoh pengurai yaitu jamur dan bakteri pengurai.

Rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan, berikut penjelasan jaring-jaring makanan.

Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari rantai-rantai makanan yang berhubungan dikombinasikan atau digabung yang tumpang tindih dalam suatu ekosistem.


jaring jaring makanan
jaring jaring makanan via sainsbiologi.com

Ada 3 tipe rantai makanan :

  • Rantai Perumput

Tipe ini merupakan rantai makanan yang mata rantainya berawal dari produsen atau tumbuhan. Maka urutannya adalah tumbuhan sebagai tingkat I lalu hewan herbivora sebagai tingkat 2 lalu dilanjutkan dengan hewan karnivora sebagai tingkat III dan seterusnya.

Contohnya : Rumput – Tikus – Ular – Elang

  • Rantai Parasit

Tipe ini adalah tipe yang mana organisme yang kecil yang memakan organisme besar.

Contohnya  : Kerbau –  Kutu – Burung Jalak – Elang

  • Rantai Detritus

Tipe ini, mata rantai nya berawal dari organisme pengurai. Yang mana hancuran dari bahan bahan yang telah terurai kemudian dimakan oleh cacing, rayap dan lainnya.

Contohnya : Sampah Kayu – Rayap – Ayam – Ular


Contoh Rantai Makanan yang ada di darat :

rantai makanan dan contohnya
rantai makanan dan contohnya via ilmupengetahuan.org
Padi – Tikus – Ular – Elang – Pengurai
  1. Padi, yaitu sebagai produsen penghasil makanan untuk organisme lain. Padi menghasilkan biji beras.
  2. Tikus, yaitu sebagai konsumen primer karena tikus merupakan hewan yang memakan tumbuhan atau yang disebut dengan herbivora. Tikus memakan padi untuk kelangsungan hidupnya.
  3. Ular, yaitu konsumen sekunder karena ular merupakan pemakan hewan lainnya atau karnivora. Dan ular memakan tikus sebagai sumber energinya.
  4. Elang, yaitu konsumen puncak. Elang memakan ular untuk kelangsungan hidupnya.
  5. Pengurai, perannya yaitu mengurai Elang agar zat zat dan nutrisi nya dapat di serap kembali oleh tanah dan agar dapat diserap oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis.

Contoh Rantai Makanan yang ada di air :

rantai makanan air
rantai makanan air via hernandhyhidayat.wordpress.com
Phytoplankton – Ikan Kecil – Anjing Laut – Hiu – Dekomposer
  1. Phytoplankton, yaitu sebagai produsen karena ia dapat membentuk cadangan makanan yang disebut amylum melalui proses fotosintesis.
  2. Ikan kecil, yaitu sebagai Konsumen primer karena ikan kecil memakan phytoplankton agar dapat bertahan hidup.
  3. Anjing laut, yaitu sebagai konsumen sekunder karena anjing laut memakan ikan kecil, dan mengubahnya menjadi energi untuk kelangsungan hidupnya.
  4. Hiu, yaitu sebagai konsumen puncak karena hiu memakan anjing laut agar dapat bertahan hidup
  5. Dekomposer, perannya mengurai hiu pada saat mati. Agar nutrisi nya dapat di serap tanah dimana tanaman laut hidup.

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu rantai makanan, tipe tipe beserta dengan contohnya. Semoga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan anda semua. Terimakasih semoga membantu.

Advertisements