Advertisements

Hobi Masak? Cobain Nih Resep Kue Bolu Istimewa Ini

Siapa yang tidak suka dengan kue bole disini? Rasanya akan ada sedikit sekali orang yang akan menjawab demikian, mengingat kue bolu merupakan salah satu kue yang paling enak dan cukup banyak variannya.

Ya, jika Anda melakukan pencarian saat ini, tentu akan ada banyak sekali aneka resep kue bolu yang akan Anda temukan, hingga Anda sendiri akan merasa bingung akan mencoba resep kue bolu yang mana terlebih dahulu.

Namun, bagaimana kalau mencoba resep kue bolu yang paling mudah terlebih dahulu? Apalagi bagi Anda yang memang baru saja mulai belajar membuat kue dna peralatan yang Anda miliki masih belum terlalu lengkap seperti mereka yang memang sudah mulai membuat kue sejak lama.

Untuk mempermudah Anda, maka kali ini resep kue bolu akan dibagi menjadi resep kue bolu biasa dan resep kue bolu kukus. Kedua kue bolu ini memang dianggap menjadi kue bole yang paling mudah untuk dibuat, bahkan bagi Anda yang belum pernah membuat kue sebelumnya.

Resep Kue Bolu Biasa

Bahan-bahan yang sudah harus tersedia ialah

  1. Tepung terigu sebanyak 125 gram
  2. Gula pasir sebanyak 125 gram
  3. Margarin sebanyak 100 gram dan kemudian harus Anda cairkan
  4. Telur ayam sebanyak 4 butir
  5. Susu kental manis putih sebanyak 1 sachet saja
  6. Ovalet atau TBM atau SP atau cake emulsifier sebanyak 1 sendok teh
  7. Coklat bubuk sebanyak 1 sendok makan, lalu encerkan dengan air panas sekitar 3 sendok makan ( kira-kira sebanyak 10 gram)
  8. Vanili bubuk sebanyak setengah kotak atau sekitar seperempat sendok teh

Jika semua bahan untuk resep kue bolu sudah tersedia, maka kini saatnya Anda untuk memulai membuat resep kue cake ini.

Caranya ialah

  1. Pertama, panaskan oven terlebih dahulu dan mulailah untuk meracik resep yang sudah disebutkan tadi. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan baking pan saja, maka jangan lupa untuk memanaskan bagian alas besinya terlebih dahulu.
    Tak perlu terlalu besar, Anda hanya perlu menggunakan api yang sedang saja.
  2. Kini Anda baru benar-benar masuk ke dalam tahapan pada membuat resep kue bolu, mulailah dengan me-mixer gula, telur dan juga TBM dengan kecepatan yang tinggi. Terus mixer hingga adonan ini terlihat mengembang, terasa kental dan warnanya menjadi warna putih.
    Jika sudah kental, mulailah untuk mengurangi kecepatan mixer agar gelembung yang sebelumnya dihasilkan berkurang, hingga pada akhirnya Anda hanya perlu mematikan mixer.
  3. Resep kue bolu selanjutnya ialah mulai mencampurkan terigu dan vanili pada adonan telur yang tadi sudah jadi. Jangan lupa ketika memasukan campuran ini sambil diayak, karena ditakutkan adanya kotoran yang bisa masuk ke dalam campuran adonan.
    Sambil memasukan campuran ini, Anda juga masih harus terus mengaduknya dengan sabar dan perlahan. Untuk mengaduknya, Anda bisa menggunakan spatula atau bisa juga sendok kayu sehingga tidak akan lengket kemana-mana.
  4. Lalu, masukan juga susu kental manis kemudian ditambahkan juga margarin hingga semuanya menjadi tercampur dan merata. Jika memang sudah tercampur dengan sempurna, kini Anda tinggal menuangkan adonan. Pastikan juga tidak ada lagi margarin yang mengendap karena nantinya akan berpengaruh pada penampilan kue ini.
  5. Kini, saatnya Anda untuk menuangkan menuangkan ¾ adonan pada baking pan atau cetakan yang sebelumnya juga sudah dilumuri oleh margarin.
  6. Untuk sisa adonan dari yang sudah dimasukan tadi, langkah resep kue bolu selanjutnya ialah untuk diberikan bubuk coklat yang sebelumnya sudah dicairkan seperti yang sudah disebutkan tadi. Aduk kedua campuran ini sehingga keduanya bisa menjadi merata sempurna.
  7. Lalu, tuangkanlah sisa adonan yang sudah dicampurkan dengan coklat tadi di atas adonan lainnya. Untuk mempercantik dan memberikan motif berbeda, Anda bisa sedikit meratakannya dengan garpu, atau Anda juga bisa mencoba cara lain yang lebih Anda sukai.
  8. Selanjutnya tentu saja masuk dalam urusan memanggang. Untuk memanggangnya, pastikan bahwa posisi lubang yang ada di samping terbuka sebagian saja. Hal ini juga akan membuat kue bolu Anda menjadi lebih cepat matang.
  9. Lalu, ketika kue sudah terlihat akan mulai matang, Anda tinggal membuka semua lubang tadi. Dan kini sudah saatnya Anda mengecilkan api agar semua bagian bolu menjadi benar-benar matang sempurna.
  10. Ketika sudah matang, jangan buru-buru untuk mengeluarkan bolu karena malah bisa saja merusak bentuknya. Tunggulah hingga kue bolu cukup dingin, hal ini juga tentunya akan lebih aman untuk tangan Anda sendiri.

Nah, bukankah resep kue bolu ini cukup mudah untuk Anda lakukan? Jika Anda sudah mulai terbiasa membuat kue bolu seperti ini, setelahnya Anda bisa mencoba resep kue bolu lain yang lebih bervariasi, seperti resep kue bolu gulung, resep kue bolu pAndan, resep kue bolu coklat dan juga resep kue bolu pisang.

Selain bahannya yang tidak terlalu mahal, kue bolu tersebut juga sangat nikmat untuk disantap di segala suasana.

Setelah selesai membuat resep kue bolu tadi, kini saatnya Anda untuk mencoba membuat kue bolu kukus. Orang-orang banyak yang menyatakan bahwa resep kue bolu yang satu ini lebih mudah, karena memang tidak membutuhkan oven ketika membuatnya. Dan cara membuat kue bolu kukus yang bisa Anda coba ialah

Resep Bolu Kukus Coklat

bolu cokelat

Untuk membuat bolu kukus ini, bahan-bahan yang harus ada ialah

  1. Tepung terigu sebanyak satu gelas
  2. Tepung maizena sebanyak satu sendok makan
  3. Soda kue sebanyak setengah sendok teh
  4. Gula putih sebanyak empat sendok
  5. Vanili sebanyak setengah sendok teh
  6. Minyak goreng sebanyak setengah gelas
  7. Nutrijel coklat cukup setengah bungkus saja
  8. Coklat bubuk sebanyak setengah saja
  9. Skm cukup satu saja

Dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika akan membuat resep kue bolu kukus coklat ini ialah

  1. Pertama, panaskan terlebih dahulu kukusan yang sudah Anda siapkan. Lalu untuk semua bahan kering tadi berupa meizena, tepung terigu, coklat bubuk, nutrijel, skm dan soda kue disatukan dan diaduk rata.
  2. Lalu siapkan wadah lainnya untuk mulai mencampurkan vanili, telur dan gula. Aduk hingga rata dan terlihat mengembang. Jika sudah, maka masukanlan bahan-bahan kering pada cara pertama tadi, dan tambahkanlah minyak goreng. Terus aduk hingga semua bahan kini bisa menyatu dengan baik.
  3. Jika sudah, Anda hanya tinggal memasukannya pada loyang yang sebelumnya juga sudah diberikan olesan margarin atau bisa juga minyak goreng, dan kemudian ditaburi dengan tepung terigu yang tidak perlu terlalu banyak.
  4. Kini, saatnya Anda untuk mengukus kue tersebut. Tak perlu waktu terlalu lama, resep bolu kukus sederhana ini biasanya sudah bisa matang dalam 30 menit saja. Anda juga tentu saja bisa mengetes kematangan bolu Anda dengan menusuknya dengan garpu. Jika memang sudah tidak ada bagian kue yang menempel, maka bisa dipastikan resep kue bolu ini sudah Anda masak hingga matang.
  5. Terakhir, Anda hanya perlu untuk mengangkat kemudian menunggunya hingga cukup dingin. Jika sudah, tinggal dipotong-potong dan kue bolu kukus coklat sederhana sudah bisa disantap oleh semua anggota keluarga Anda.

Resep Bolu Kukus Pandan

resep bolu pandan

Nah, untuk resep kue bolu kukus yang satu ini, bahan-bahan yang juga harus Anda siapkan dulu ialah

  1. Telur ayam sebanyak tiga butir
  2. Gula pasir sebanyak satu gelas
  3. Vanili bubuk sebanyak seperempat sendok teh
  4. Ovalet sebanyak satu sendok teh
  5.  Tepung terigu sebanyak satu gelas
  6. Baking powder sebanyak setengah sendok teh
  7. Santan kara sebanyak satu sachet dengan ukuran 65 ml
  8. Garam secukupnya saja
  9. Margarin sebanyak satu sendok makan dan kemudian dilelehkan
  10. Pasta pAndan secukupnya saja
  11. Meises untuk taburan sehingga Anda bisa mengira-ngira sendiri jumlahnya
  12. Carlo kw yang akan digunakan untuk olesan

Apakah semua bahan untuk resep bolu kukus pAndan tadi sudah siap? Jika sudah, kini saatnya Anda memulai membuat resep kue bolu ini dengan langkah-langkahnya ialah sebagai berikut

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah memanaskan kukusan terlebih dahulu, namun juga langsung ditutup. Hal ini penting karena kukusan yang masih dingin dan langsung digunakan bisa mempengaruhi hasil kue bolu kukus Anda nantinya.
    Lalu, siapkan juga kukusan yang sudah dilapisi dengan kain bersih dan loyang untuk cetakan yang sudah diolesi dengan carlo kw. Jika semua peralatan ini sudah Anda siapkan sebelumnya, maka ketika akan memulai memasak kue nanti Anda tidak akan kelabakan sendiri.
  2. Kini saatnya untuk membuat resep bolu kukus pAndan ini. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah mencampur gula dan ovalet, mixer dengan kecepatan yang tinggi, sampai nantinya Anda akan mendapatkan tekstur yang kental dan berjejak.
    Sebenarnya, langkah dalam membuat resep kue bolu ini juga tidak terlalu lama, hanya sepuluh hingga lima belas menit saja untuk mencampurkan bahan tersebut.
  3. Jika sudah terasa mulai mengental, maka mulailah untuk mengurangi kecepatan mixer hingga pada kecepatan terendah. Setelah itu, langsung masukan terigu dan juga santan dengan bergantian.
    Jika sudah, maka bahan lainnya yang juga harus Anda masukan ialah baking powder, garam, vanili dan juga pasta pAndan. Campur semua bahan tersebut hingga Anda merasa sudah cukup rata, lalu Anda tinggal mematikan mixer.
  4. Jika semua bahan tadi sudah dicampur, terakhir Anda hanya perlu memasukan margarin yang sudah Anda lelehkan sebelumnya, dan aduk balik dengan menggunakan spatula.
  5. Kini, Anda hanya perlu memasukan seluruh adonan pada cetakan yang Anda kehendaki dan jangan lupa untuk menaburkan meises yang sudah Anda siapkan tadi. Kemudian, kukuslah kue Anda dengan api yang sedang saja.
    Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat resep kue bolu ini menjadi matang sekitar 30 menit saja. untuk lebih meyakinkan apakah kue sudah matang atau belum, Anda bisa menusuknya dengan lidi atau garpu.
    Ketika sudah tidak ada lagi bagian adonan atau kue yang menempel, maka bolu kukus pAndan Anda sudah matang dengan sempurna.
  6. Jika sudah matang, maka Anda hanya perlu mengangkatnya dan membiarkannya sedikit lagi terlebih dahulu. Jika Anda langsung memaksa untuk mengeluarkan kue dan memotongnya saat itu juga, kue bolu kukus pAndan ini malah Anda menjadi rusak dan hancur.

Selain dari kedua bolu kukus yang sudah disebutkan tadi resepnya, tentu saja masih ada banyak lagi varian bolu kukus lainnya yang perlu Anda coba, sebut saja resep bolu kukus pelangi lembut, resep bolu kukus sprite, resep bolu kukus mekar, resep bolu kukus gula merah, dan lainnya.

Semoga dengan beberapa resep kue bolu yang sudah disebutkan tadi, Anda semakin bersemangat belajar dan membuat kue bolu.

Advertisements