Tidak Perlu Bingung Ketika Lebaran Akan Tiba, Anda Bisa Mencoba Resep Kue Berikut Ini

Ketika lebaran akan tiba, membuat beberapa macam kue kering tentu menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan, juga sudah seperti kewajiban. Meskipun Anda bisa membelinya saja di toko, namun perasaan dan kebersamaan yang dirasakan ketika membuat kue bersama dengan keluarga seperti tidak bisa dilupakan.

Beberapa kue yang sudah pasti selalu ada ketika akan lebaran ialah kue nastar, putri salju, kastengel dan lain sebagainya. Cara membuat kue nastar juga tak terlalu sulit, apalagi resep kue nastar ini juga tidak membutuhkan terlalu banyak bahan.


Resep & Cara Membuat Kue Lebaran Sendiri

Kalau Anda ingin membuat kue nastar, kue putri salju dan juga kastengel, berikut resepnya bagi Anda.

Resep Kue Nastar dengan Selai Nanas diatasnya

Bahan-bahan yang Anda butuhkan ialah:

  1. Kuning telur sebanyak 4 butir
  2. Kuning telur lagi sebanyak 2 butir untuk bahan olesan ketika memanggang
  3. Margarin atau mentega butter sebanyak setengah kilogram
  4. Tepung terigu sebanyak setengah kilogram
  5. Gula halus untuk kue nantinya sebanyak 100 gram
  6. Gula pasir untuk selai nantinya sebanyak 300 gram
  7. Vanili sebanyak 1 bungkus
  8. Keju cheddar atau keju gouda sebanyak 100 gram (sebenarnya lebih bagus keju gouda, namun keju cheddar lebih mudah untuk didapatkan)
  9. Kismis sebanyak 50 gram
  10. Nanas sebanyak 1 buah
  11. Kayu manis cukup 1 potong kecil saja

Jika semua bahan tadi sudah Anda siapkan, kini saatnya untuk memulai membuat resep kue nastar lembut lumer di mulut ini. Langkah dan caranya ialah sebagai berikut

Membuat isian Selai Nanas

  1. Kupas terlebih dahulu nanas dan kemudian tinggal Anda parut hingga semuanya selain bagian tengah buah nanas yang memang tidak bisa untuk dimakan
  2. Jika semua sudah terparut, cara membuat nastar sederhana dan mudah selanjutnya ialah masukan gula pasir. Kemudian, masak sampai matang dan bahan tadi menjadi mengental
  3. Ketika sudah matang, dinginkan selai nanas ini. Langkah terakhir membuat isian selai dalam resep kue nastar ini ialah tinggal dibulat-bulatkan saja dengan ukurannya kira-kira seperti mutiara. Jika ukurannya terlalu besar, nanti Anda sendiri yang akan kesulitan dalam mengisinya, dan bentuk kue nastar tidak akan terlihat cantik.

Membuat Adonan Nastar

  1. Langkah pertama dalam cara membuat nastar sederhana ini ketika membuat adonan ialah siapkan dulu loyang berbentuk persegi panjang, lalu olesilah bagian dalamnya dengan margarin atau mentega butter yang sudah Anda siapkan tadi.
  2. Jika sudah, selanjutnya yang perlu Anda kerjakan ialah mengocok 4 butir kuning telur dengan gula halus yang sudah ada tadi, lalu masukan juga mentega.

Kocok terus hingga adonan ini mengembang. Di saat melakukan mencoba resep kue nastar ini, tidak perlu mengocoknya terlalu  kencang dikarenakan adonan malah tidak akan menjadi terlalu sempurna.

  1. Jika sudah dirasa cukup mengembang, masukan parutan keju juga ke dalam adonan. Selanjutnya, masukan juga terigu dan vanilli. Ketepatan dalam memasukan bahan-bahan seperti ini juga merupakan hal yang sangat menentukan, apakah resep kue nastarini akan berhasil dilakukan atau tidak.
  2. Terakhir, jika semua bahan sudah dimasukan, maka Anda hanya tinggal mengaduk-ngaduknya saja. Tunggu adonan memiliki tekstur yang sempurna untuk bisa dibulat-bulatkan.

Mulai Membuat Kue Kering Selai Nanas

Jika adonan dan isian sudah sipa, kini sudah saatnya Anda untuk mulai membuat kue nastar yang sesungguhnya, dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan sesuai dengan resep kue nastar ialah sebagai berikut.

  1. Mulai bulat-bulatkan adonan dengan tangan Anda. pastikan bahwa ukuran bulatan ini tidak terlalu besar. Jika kebesaran, ketika dipanggang kue nastar akan menjadi lebih besar dan malah tidak akan terlihat cantik.

Bentuk kue nastar yang cukup ideal ialah lebih kecil daripada bola golf ketika sedang dibulatkan seperti ini.

  1. Jika sudah terbentuk seperti bulatan, kini saatnya Anda untuk memasukan isian selai nanas yang sudah dibuat tadi. Anda juga tidak perlu memasukan isian selai terlalu banyak, dikarenakan ketika dipanggang nanti visa saja meluber jika Anda mengisinya terlalu banyak.
  2. Kemudiaan, potonglah kismis hingga menjadi dua atau empat bagian kecil, Anda bisa memotongnya sesuai dengan keinginan Anda sebenarnya, namun tentu saja tidak akan terlihat bagus jika Anda memotongnya terlalu besar, atau malah terlihat pelit jika memotongnya terlalu kecil.
Jika sudah dipotong-potong, langkah berikutnya pada resep kue nastar ialah  Anda hanya tinggal meletakan sepotong kismis saja di atas kue nastar.
Satu hal yang juga perlu Anda ingat, penggunaan kismis ini sebenarnya tidaklah wajib. Sehingga Anda bisa meninggalkannya jika memang tidak bisa menemukan kismis.
  1. Lalu, langkah berikutnya ialah mulai mengolesi permukaan kue dengan kuning telur. Tidak hanya akan membuat penampilan kue nastar menjadi lebih memikat, namun juga ini merupakan salah satu cara membuat nastar renyah.
  2. Jika sudah, kini saatnya Anda untuk menyusun kue nastar tadi dan mulai memanggangnya di dalam oven.

Sebenarnya tidak ada waktu yang tepat berapa lama kue nastar ini akan matang, sehingga Anda perlu mengeceknya sesekali agar kue nastar tidak menjadi gosong.

Resep kue nastar yang sudah dijelaskan tadi biasanya akan menghasilkan sekitar 40 butir kue nastar. Jika sudah selesai mencoba resep kue nastar tadi, kini saatnya Anda mencoba resep kue lain yang tak kalah hitsnya ketika lebaran akan segera tiba, yakni kue putri salju.


cara membuat kue putri salju

Resep Kue Putri Salju ialah sebagai berikut

Bahan Untuk Kue Putri Salju

  1. Tepung terigu yang sudah diayak sebanyak 200 gram
  2. Tepung maizena yang sudah diayak sebanyak 30 gram
  3. Margarin sebanyak 200 gram
  4. Kuning telur sebanyak 3 butir
  5. Keju edam parut sebanyak 50 gram
  6. Keju cheddar parut sebanyak 50 gram
  7. Garam cukup seperempat sendok teh saja
  8. Gula halus mint atau gula halus biasa untuk tauran nantinya

Jika semua bahan yang disebutkan tadi sudah tersedia semua, kini Anda sudah bisa mulai untuk membuat resep putri salju sederhana.

Cara Membuat Kue Putri Salju ialah sebagai berikut

  1. Pertama, kocok terlebih dahulu margarin hingga lembut dan tidak ada tekstur yang mengganjal. Jika sudah, masukan telur sambil terus dikocok dan kedua bahan ini menjadi adonan yang mengembang
  2. Selanjutnya, masukan tepung terigu dengan cara perlahan dan sedikit demi sedikit, lalu masukan juga tepung maizena dengan cara yang sama. Aduk hingga adonan ini bisa menjadi benar-benar merata.
  3. Lalu, masukan juga keju cheddar, keju edam dan juga garam.dan jangan lupa aduk lagi seluruh campuran bahan adonan ini hingga semuanya bisa menjadi benar-benar merata kembali. Anda bisa berhenti mengaduk jika tekstur adonannya sudah siap untuk dicetak atau dibentuk.
  4. Langkah selanjutnya dalam resep putri salju sederhana ialah mulai membentuknya. Ambil adonan dengan ukuran sekitar satu sendok teh dan bentuknya seperti bulan sait seperti kue putri salju kebanyakan.
Cara yang paling mudah ialah dengan membentuknya seperti bulatan terlebih dahulu, baru kemudian Anda bentuk lagi menjadi bulan sabit.
  1. Jika adonan yang sudah terbentuk sudah cukup banyak, maka Anda sudah bisa mulai menyiapkan loyang untuk kemudian menyusun adonan dalam loyang. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk mengoleskan mentega terlebih dahulu pada permukaan loyang
  2. Langkah selanjutnya dalam resep kue putri salju yang perlu Anda lakukan ialah mulai memanggangnya di dalam oven.
Suhu yang paling ideal untuk memanggang kue putri salju ialah 170 derajat celcius. Tidak dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memanggang kue ini, hanya sekitar 15 hingga 20 menit saja.
  1. Jika sudah matang, Anda hanya perlu mengangkat kue dan akhirnya dinginkan terlebih dahulu sebelum mulai menyusun kue ke dalam toples atau wadah lainnya.

Nah, jika sudah mulai bisa dan paham dengan resep kue nastar dan resep kue putri salju, kini saatnya Anda untuk membuat kue ketiga yang juga sangat dicari ketika lebaran tiba, yakni kue kestengel.

Resep kue kastengel juga tidak sulit sama sekali, jika Anda sudah pernah membuat kue sebelumnya, maka tidak akan sulit untuk membuat kue ini.


cara membuat Kue Kastengel

Resep Kue Kastengel Sederhana yang Bisa Anda Coba

Bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu ketika ingin mengikuti resep kue kastengel

  1. Tepung terigu sebanyak 200 gram
  2. Mentega atau margarin sebanyak 125 gram
  3. Keju sebanyak 100 gram untuk diparut setelahnya
  4. Maizena sebanyak 50 gram
  5. Kuning telur sebanyak 2 butir
  6. Bahan yang harus Anda siapkan untuk olesan kastengel
  7. Keju parut yang tidak perlu terlalu banyak
  8. Kuning telur sebanyak satu butir

Jika sudah, kini saatnya Anda untuk mulai membuat resep kue kastengel ini, dan langkah-langkahnya ialah sebagai berikut

  1. Langkah pertama dalam resep kue kastengel sederhana ialah mengocok margarin atau mentega, lalu masukan juga kuning telur tadi satu persatu. Kemudian, kocok terus bahan tersebut hingga terlihat mengembang
  2. Jika sudah dirasa cukup mengembang, maka masukan bahan berikutnya berupa tepung terigu, maizena dan juga keju parut. Tetap aduklah adonan ketika mencampurkan beberapa bahan ini, hingga akhirnya Anda mendapati adonan dengan tekstur berbulir.
  3. Jika sudah, maka Anda tinggal mencetak adonan tadi dengan bentuk yang Anda sukai atau ingini.
  4. Jika semua adonan sudah dibentuk, maka kini saatnya Anda untuk memanggang adonan tersebut. Suhu yang disarankan untuk memanggang kue kastengel ialah sekitar 180 derajat celcius.
Anda tidak perlu memanggangnya terlalu lama, karena waktu sekitar 20 menit saja biasanya sudah cukup membuat kue ini menjadi matang.
  1. Ketika kue kastengel Anda lihat sudah hampir matang, maka kini saatnya Anda untuk mengolesi permukaan kue dengan kuning telur yang tadi sudah Anda siapkan. Lalu, panggang lagi sekitar 10 menit.
  2. Jika sudah matang, keluarkan kue kastengel dan biarkan dingin terlebih dahulu hingga tidak rusak ketika nantinya akan disusun di dalam toples. Kini kue kastengel Anda sudah siap untuk disantap kapan saja dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Nah, itulah resep kue nastar, resep kue putri salju dan juga resep kue kastengel yang bisa Anda coba kapan saja sebenarnya meskipun tidak sedang bulan puasa atau menjelang hari raya Idul Fitri.

Membuat atau memasak kue memang hal yang sebaiknya terpaku pada resep, karena sekali saja Anda melakukan kesalahan, maka akan sulit sekali Anda memperbaikinya, tidak seperti ketika Anda sedang memasak masakan lainnya.

Semoga resep kue nastar, putri salju dan kastengel tadi bisa membantu Anda yang sedang merasa bingung akan membuat kue apa dalam waktu dekat ini, sedangkan jika harus membeli akan membuat Anda menjadi lebih boros. Selamat mencoba.