Advertisements

1001 Gambar Desain Model Rumah Minimalis Modern/Sederhana Elegan

Rumah minimalis sekarang sudah makin banyak jadi pilihan, terutama di kota-kota besar di mana lahan kosong yang tersedia makin terbatas. Rumah dengan desain minimalis ini takkan membutuhkan lahan luas sebagai tempat pembangunannya.

Justru desain rumah yang minimalis akan memanfaatkan tiap ruang yang tersedia dan memaksimalkannya agar dapat difungsikan. Penataan yang tepat juga akan membuat rumah model minimalis ini tampil cantik serta menarik.

Yang harus diperhatikan terutama adalah bagaimana kita mengatur ruangan-ruangan di dalamnya agar tetap fungsional serta menarik. Keterbatasan lahan takkan jadi masalah selama kita memiliki kreativitas dalam pengaturan ruangan. Selain itu, eksterior rumah juga tak boleh luput dari perhatian.

Desain Rumah Minimalis

Rumah desain minimalis umumnya akan memiliki ukuran kecil, seperti tipe 36 atau 45. Rumah ini biasanya terdiri dari satu hingga dua kamar, satu kamar mandi, satu dapur yang seringkali digabung bersama ruang makan, satu ruang tamu dan satu ruang keluarga.

Rumah model minimalis hanya terdiri dari ruangan-ruangan yang penting dari segi fungsi. Selain itu, beberapa ruangan juga akan digabung.

Baca Juga 7 Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah, Mobil, Peralatan, Ruko dll

Misalnya, dapur bergabung dengan ruang makan dan ruang tamu akan bergabung dengan ruang keluarga dengan dipisahkan sekat ruangan. Ini tak lepas dari keterbatasan lahan sehingga harus pintar-pintar mengatur tiap ruangan dalam rumah.

Mengingat tiap ruangan luasnya terbatas, maka furniture yang dimasukkan dalam rumah pun ukurannya antara kecil hingga sedang. Tujuannya adalah furniture pas dimasukkan ke dalam rumah dan tidak membuat ruangan berkesan penuh sesak. Untuk ruang tamu dapat digunakan meja dan kursi dengan bentuk L yang menempel ke tembok dan menambah ruang gerak.

Dapur bisa menggunakan konsep minibar agar meja dan kursi makan dapat dimuat dengan mudah. Sementara untuk kamar tidurnya, gunakan ranjang yang dilengkapi laci di bagian bawah sebagai tempat penyimpanan pakaian. Dapat pula digunakan lemari pakaian dengan pintu geser agar tidak memakan terlalu banyak ruang.

Model Rumah Minimalis

Model dari rumah minimalis sendiri bisa berupa satu lantai atau dua lantai. Penambahan lantai menjadi alternatif untuk memberi ruangan tambahan dalam rumah karena lahannya terbatas. Apalagi jika anggota keluarga bertambah, maka penambahan kamar akan perlu dilakukan.

Tidak adanya halaman yang luas untuk menambah kamar membuat kita harus memutar otak lagi. Cara yang biasa dilakukan ialah menambah lantai rumah.

Lantai dua bisa digunakan untuk kamar-kamar. Sementara lantai pertama dikhususkan untuk ruangan-ruangan yang digunakan bersama, misalnya ruang tamu, ruang keluarga serta dapur. Rumah model minimalis juga bisa dibangun dua lantai sejak pertama tanpa harus menunggu ada pertambahan anggota keluarga terlebih dahulu.

Gambar Rumah Minimalis

Untuk mendapat referensi serta inspirasi akan rumah minimalis yang akan dibangun, kita bisa melihat gambar atau denahnya terlebih dahulu. Gambar rumah ini bisa didapat di internet. Kita juga bisa mendapatkannya dari arsitek yang akan menangani pembangunan rumah kita.

Bahkan, kita disarankan untuk melihat-lihat contoh denah dari rumah model minimalis terlebih dahulu sebelum mulai membangunnya. Ini agar kita punya bayangan akan jadi seperti apa rumah nantinya.

Baca Juga Kumpulan Surat Lamaran Kerja Pilihan yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Selain itu, denah rumah juga membantu agar kita mendapat bangunan rumah yang memang benar-benar sesuai keinginan. Peran penting lain dari denah rumah ialah agar kita paham perbandingan luas rumah dan tanah serta luas masing-masing ruangan dalam rumah.

Denah rumah biasanya akan diberikan oleh arsitek sebelum rumah dibangun. Tujuannya agar kita bisa melakukan perombakan denah sebelum rumah mulai dibangun.

Kita akan diperlihatkan terlebih dahulu seperti apa kira-kira gambar rumah ketika sudah jadi dan apakah gambar itu sudah sesuai keinginan atau belum.

Jika memang belum, tentu kita bisa melakukan beberapa penyesuaian lagi. Gambar rumah ini termasuk perencanaan desain apakah rumah akan dibuat satu lantai atau dua lantai.

Semuanya akan kembali pada kebutuhan dan keinginan kita masing-masing. Kita juga bisa mengonsultasikannya bersama arsitek agar didapat desain yang sesuai keinginan. Apalagi karena rumah akan ditempati dalam jangka waktu lama sehingga pastinya harus sesuai keinginan si pemilik.

Rumah Minimalis Modern

Memiliki rumah yang ukurannya mungil bukan berarti tidak bisa di sulap menjadi lebih indah. Kita dapat menerapkan penataan rumah minimalis modern yang tetap mengutamakan segi fungsional serta nilai estetikanya.

Kesan minimalis modern dapat dihadirkan lewat pemilihan material, cat dinding yang digunakan hingga furniture yang digunakan.

Melalui pengaturan yang tepat, rumah berukuran mungil ini akan tetap terasa nyaman ditinggali. Nilai estetika dari rumah akan menambah kesan minimalis modern pada rumah sehingga dapat kita terapkan.

Kita juga bisa mengonsultasikan model rumah yang minimalis modern ini pada arsitek yang menangani pembangunan rumah. Tujuannya agar didapat model rumah yang sesuai keinginan.

Teras Rumah Minimalis

Tidak hanya bagian interior, eksterior rumah juga harus jadi perhatian tersendiri. Salah satunya adalah teras. Terutama karena bagian ini adalah bagian rumah yang akan terlihat dari luar dan jadi kesan pertama bagi tamu yang datang berkunjung.

Baca Juga 22 Hewan Peliharaan Unik dan Lucu yang Mudah Dipelihara di Rumah

Teras rumah biasanya akan diisi sepasang kursi teras dan sebuah meja kecil.

Kursi teras dapat digunakan sebagai tempat bersantai di waktu luang ataupun menjamu tamu yang waktu kunjungannya singkat sehingga tidak sempat masuk ke dalam rumah. Teras juga dapat diisi tanaman hijau dalam pot ataupun tanaman bunga agar semakin tampak cantik.

Taman Rumah Minimalis

Rumah bergaya minimalis bukan berarti tak bisa tampil cantik dengan tambahan taman di halaman depan atau belakangnya. Manfaatkan tiap ruang kosong yang tersisa untuk dijadikan taman sebagai penyegar mata.

Kita bisa memilih ragam tanaman hijau atau tanaman bunga yang kecil untuk dijadikan hiasan di taman.

Taman pada rumah bergaya minimalis akan menambah kesejukan tersendiri dan tentunya meningkatkan keindahan rumah. Apalagi sekarang sudah mulai tren taman gantung untuk lahan yang terbatas. Kita bisa menggunakannya untuk menghias rumah yang minimalis supaya semakin terlihat cantik.

Tentunya akan jadi kebanggaan serta kepuasan tersendiri saat melihat taman cantik di rumah.

Dengan pengaturan yang baik, rumah minimalis juga bisa tampil maksimal baik dari segi fungsi maupun keindahannya.

Sedikit kreativitas akan membuat rumah bergaya minimalis bisa di sulap menjadi istana yang keindahan dan kenyamanannya tak kalah dibanding rumah berukuran besar.

Kita hanya harus paham bagaimana cara mengatur rumah agar tidak terkesan penuh sesak oleh barang. Pilih furniture yang benar-benar diperlukan saja dalam ukuran kecil hingga sedang serta kurangi jumlah hiasan atau pajangan yang tidak terlalu diperlukan dalam rumah.

Yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan, mengingat rumah yang bersih tentu akan membuat penghuni makin betah berada di dalamnya. Kita juga bisa mendapat inspirasi mengatur rumah bergaya minimalis ini dari internet atau dari arsitek. Demikian semoga artikel ini bisa membantu.

Advertisements