tukang ketik

Selepas SMK, Menjadi Buruh

pendidikan mahal
pendidikan mahal via photobucket.com

Hari-hari penantian menunggu ijazah SMK aku tidak mempunyai kegiatan apapun. Orang tuaku bilang kalau berniat kuliah harus biayai sendiri, mereka hanya bisa membantu bila diperlukan itupun gak bisa banyak, sekarang giliran adik adiku yang dibiayai sekolah, dan akupun gak mau merepotkan mereka lebih banyak jadilah kusanggupi, aku akan membiayai kuliahku sendiri. nek ra luput.

Memulai mencari spesifikasi komputer, printer, paper printer, mesin cetak dan segala keperluan lainnya, benar benar dari nol. Memang ribet kalau baru memulai, dari penataan interior yang kuubah-ubah beberapa kali, cari yang nyaman tentunya.

Belajar Wirausaha

promosi
promsi via www.teropongbisnis.com

Jenis pekerjaan masih tetap sama kek sebelumnya, sama-sama percetakan soalnya, tapi fokusnya disini cuma desain undangan, setting nota, dan pembuatan buku yasin (setting dan desain covernya). Kerja disini cuma sendirian. Beberda dengan sebelumnya yang beranggotakan 3 orang operator. Sebenarnya berdua tapi yang satunya sebagai operator mesin cetak. Jadilah seringkali sendirian diruang kerja. Suntuk.

Setahun merintis dari nol percetakan ini sudah mempunyai banyak pelanggan tetap, akhirnya aku meminta keluar, alasannya sih, saat itu sudah menjelang akhir masa perkuliahan, dan setiap mahasiswa diwajibkan untuk menulis tugas akhir sesuai tempat kerja prakteknya. Jadi aku berencana keluar untuk mencari tempat kerja praktek. Tapi alasan sebenarnya aku ingin kerja ditempat banyak orang, tambah kenalan,.

Menjadi Layouter

layout
ngleyout via www.isokativ.net

Setahun tepat aku keluar, kemudian melamar pekerjaan di sebuah perusahaan percetakan Al-Qur’an, sebenarnya produksinya tidak hanya Al-Qur’an, ada pula LKS (lembar kerja siswa), majmu’ syarif, buku paket dll. Tapi yang paling banyak Qur’an, jadi sebut aja percetakan Al-Qur’an. Huehe

Aku bekerja sebagai operator mesin, sedikit santai tanpa perlu berpikir keras, tinggal duduk pencet-pencet udah jalan sendiri, tinggal nunggu, itu kala waktu lancar, kalau sedang rewel ya pusingnya tujuh keliling. Setidaknya pekerjaan ini membuatku bisa bersantai berbeda dengan desain grafis yang harus berpikir.

operator mesin
operator mesin surabaya.proxsisgroup.com

Satu bulan kerja sebagai operator mesin aku diminta pindah sementara ke bagian layout, karena yang biasanya tugas sakit keras, beberapa bulan gak masuk. Jadilah aku berpusing-pusing lagi berurusan dengan layout LKS, saat itu yang sedang rame LKS. Tak lama tiga minggu dibagian layout aku kembali kebagian operator. Alhamdulillah, bisa santai lagi. Setelahnya sampai seterusnya aku kerja bagian operator mesin.

Rehat Dahulu

resign
keluar kerjaan thenypost.files.wordpress.com

Hampir dua tahun aku kerja dipercetakan ini, yang kemudian aku berencana untuk berkunjung ketimur tengah. Aku keluar, lebih tepatnya dikeluarkan setelah tidak masuk kerja selama lebih dari tiga hari, saat itu aku ke Jakarta ngurus ini itu, tentang ini bisa dibaca disini.

Selama proses dan penantian yang lama untuk bisa keluar negeri itu aku membuka jasa oprek android, dari mulai root, ganti room, flashing ulang, cdma jadikan gsm, flashing bbm dan semua yang berhubungan dengan smartphone, hasilnya bisa untuk kebutuhan sehari-hari.

Dan setelahnya aku terbang ke Arab Saudi dan tinggal disana selama tahun 2015. Sampai disini dulu cerita pengalaman hari ini, silahkan dikomen apabila ada yang tidak sesuai. semoga bermanfaat, lanjut ditulisan berikutnya ya.

2 thoughts on “Selepas SMK, Menjadi Buruh

Leave a Comment