Advertisements

Apa itu Sugar Glider? si Binatang Peliharaan Anti Mainstream

Sugar Glider – Oke kali ini jempolkaki.com akan membahas tetang binatang peliharaan menggemaskan yang berasal dari indonesia timur.

Sebenarnya bingung mau mulai dari mana. Karena ini penjelasan tentang binatang sugar glider kita gunakan saja kaidah dalam pecarian berita 5W1H, apa, kapan, siapa, mengapa, dimana dan bagaimana. Let’s check it out!!

SUGAR GLIDER


Apa itu sugar glider?

sugar glider gemuk berwarna putih
sugar glider putih via cara.pro

Sugar glider mempunyai nama latin Petaurus Breviceps, kebanyakan orang beranggapan binatang ini sebangsa tikus, kelelawar, bajing (tupai terbang) atau binatang pengerat lainnya, karena sugar glider berukuran kecil dan mempunyai kantong yang menyerupai bajing.

Anggapan tersebut sepenuhnya salah karena binatang sugar glider adalah marsupial dari keluarga mamalia.

Marsupial adalah mamalia yang betinanya mempunyai kantung perut, orang biasa menyebutnya binatang berkantung. Contoh mudahnya kangguru, jadi sugar glider termasuk binatang sebangsa kanguru.

Sugar glider sangat imut dan menggemaskan, lucu dan juga pintar, tak heran membuat orang menjadikannya binatang peliharaan layaknya kucing/hamster.

Dinamakan sugar glider karena binatang ini menyukai makanan manis dan memberan yang membuat mereka bisa meluncur (glide), jadilah dinamakan sugar glider.

Binatang ini mempunyai bulu abu-abu dan bewarna krem didadanya, degan garis hitam disepanjang tulang belakangnya. Ekor sugar glider digunakan untuk penyeimbang ketika meluncur.

Bagaimana cara memelihara sugar glider?

sugar glider makan strawberry
sugar glider makan buah strawberry via sunseed.com

Sugar glider termasuk binatang yang mempunyai perawatan mudah. Kamu harus rutin mengecek kandang dan mengajaknya bermain. Ini untuk melatih sugar glider lebih mengenal pemiliknya.

Binatang ini juga perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan ketika pertama kai dipelihara. Pelajarilah karekteristik dari sugar glider sebelum memeliharanya, karena tidak sedikit yang mencoba memeliharanya tapi mati karena tidak bisa merawat.

Kandang untuk sugar glider tidak jauh beda dengan kandang hamster, semakin besar semakin baik tentunya. Letakkan kandang ditempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung, perhatikan juga sirkulasi udara.

Dalam kandang isi dengan ranting kayu dan wheel (roda) untuk mainan, sugar glider termasuk binatang yang sangat aktif, gunakan mainan dengan bahan dari kayu. Jangan lupa tambakan tempat tidur didalam kandang (cage pouch), jangan lupa juga untuk dicuci teratur.

Sugar glider termasuk binatang pemakan serangga, insektivora. Dan merupakan hewan noktunal, hewan yang cenderung aktif dimalam hari. Makanan manis merupakan makanan favorit sugar glider.

Bisa diberi bubur bayi atau buah. Binatang ini termasuk kategori binatang bersih, jadi tidak perlu perawatan layaknya kucing harus ke salon untuk membersihkannya. Cukup dengan mengusap badannya dengan tisu basah (non alkohol) ke badannya.

Dimana habitat asli sugar glider

sugar glider terlihat diantara pepohonan
sugar glider di hutan via pecintahewan.com

Sugar glider mempunyai habitat di daerah Indonesia Timur, Papua, Halmahera dan Maluku, dan juga di Australia. Tapi hewan ini sudah menyebar sampai ke Amerika dan Eropa sebagai hewan peliharaan karena dianggap sangat eksotik.

Di alam liar hewan ini biasa ditemukan di pohon eukaliptus dan akasia, dari kedua pohon itu sugar glider liar memakan getahnya. Dan termasuk sulit untuk ditemukan di alam liar, berkisar 1 koloni per 1000 meter di atas pohon. Musuh sugar glider diantaranya burung hantu, iguana, musang dan quoll.

Kapan mulai untuk memelihara sugar glider?

sugar glider kecil lucu
sugar glider kecil lucu via hello-pet.com

Sebaiknya memelihara sugar glider dimulai semejak kecil, berkisar 1.5 – 2 bulan. Dengan begini akan membuatnya lebih jinak ketika dewasa, sedari kecil sudah mengenal aroma badan pemeliharanya.

Ketika membeli sugar glider belilah joey (sugar glider kecil), masih jinak kalaupun mengigit tidaklah terlalu sakit. Hindari langsung memelihara sugar glider dewasa, gigitannya sakit.

Siapa saja yang bisa memelihara sugar glider?

mengenal sugar glider
anak mengenal sugar glider via sugarglider-indo.blogspot.com

Hewan peliharaan ini cocok untuk dipelihara semua umur, dari mulai anak 7 tahun sampai orang dewasa. Umur dari sugar glider juga tergolong lama 10-15 tahun, untuk anak-anak tetap perlu diawasi orang dewasa.

Seringkali sugar glider mengigit ketika dia belum akrab dengan tuannya. Untuk menghindari sakitnya gigitan pilihlah sugar glider joey (anakan)

Mengapa harus sugar glider?

mengenal sugar glider
mengenal sugar glider lebih dalam via sugarglider-indo.blogspot.com

Bagi kamu yang terbiasa memelihara binatang peliharaan semisal kucing, hamster dll cobalah untuk memelihara sugar glider, dan rasakan perbedaannya.

Sugar glider termasuk hewan yang mempunyai tingkatan lebih dari jinak, atau biasa disebut bonding, mempunyai ikatan dengan sang pemilik. Sugar glider ini menghafal bau tubuh pemiliknya. Dia akan mengikutimu kemanapun kamu pergi, menempel dibadan.

Makanan yang diperlukan tidaklah mahal. Sugar glider ini mempunyai daya ingat tinggi. Sebaiknya memelihara dari mulai kecil umur 2 bulan.

Dengan begitu lebih mudah untuk menjinakkannya. Karena akan mengenali kita sedari kecil. Kamu bisa mengajaknya kemana-mana dengan memasukkan ke dalam saku baju atau tas khusus.

Kendala memelihara sugar glider

 pocket pets
pocket pets via teropongbisnis.com

Ketika kita mempunyai binatang peliharaan, pasti ada kendalanya, meski kucing sekalipun. Begitu pula sugar glider, banyak yang harus kita hadapi terutama komitmen kita dalam memelihara, sugar glider berumur berkisar 15 tahun itu bukan waktu yang sebentar,

Bagi kamu yang hanya ‘pecinta dadakan’ yang hanya mencari imutnya saja sebaiknya berpikir ulang jika berkeinginan memelihar sugar glider. berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

1. Bau dan kotoran yang ditimbulkan

kamar makan sugar glider
sugar glider makan via ohjiwa.blogspot.com

Sugar glider termasuk binatang yang tidak bisa dilatih untuk buang air di tempat pembuangan layaknya kucing. Kamu harus memperhatikan waktu-waktu dimana sugar glider pup dan pee, berkisar 4-5 jam sekali.

Bahkan tak jarang binatang ini akan buang air dibadanmu, sudah menjadi hal biasa bagi binatang dari alam liar menggunakan kencing sebagai wilayahnya, jadi badanmu adalah wilayahnya, jangan kaget kalau sering ‘dikencingi’.

2. Mengigit

digigit sugar glider
digigit sugar glider via www.suggieblues.com

Sejinak apapun sugar glidermu dia terkadang menggigit, itu normal. Gigitannya pun tidak terlalu sakit, ketika dia hanya bermain-main.

Tapi ketika pertamakali mengenal manusia sugar glider dewasa yang terbiasa di alam akan mengigit sebagai wujud pertahanan diri, gigitan ini bisa menimbulkan luka serius. Jadi sekali lagi usahakan untuk pertamakalinya peliharalah sugar glider joey, berusia kurang lebih 2 bulan.

3. Mengorbankan waktu

sugar glider bermanja ria
sugar glider bermanja ria via m.tempo.co

Sugar glider merupakan binatang yang manja harus sering-sering ditemani dan dimanjakan. Tentunya akan banyak waktumu yang terisita untuk mengurus binatang satu ini. Resiko ini harus kamu pikir matang-matang sebelum benar-benar memelihara sugar glider.

Terutama ketika masih belum bonding, belum punya ikatan denganmu. Perlu penanganan dan kesabaran ekstra agar bisa jinak dan bonding.

4. Bising

sugar glider tertidur
sugar glider tertidur pulas via azulzula.blogspot.com

Seperti yang ditulis diatas, sugar glider adalah binatang nokturnal yang beraktifitas di malam hari. jadi sering kali mengeluarkan suara bising dan berisik ketika malam hari. suara seperti gongongan/geraman anak anjing, mungkin karena kesepian.

Untuk mengatasinya buatlah kandang yang besar dengan banyak arena bermain dan tempat bergelantung bagi sugar glider, dan akan lebih baik jika kamu memeliharanya berpasangan agar tidak kesepian.

Itu tadi ulasan singkat tentang sugar glider dari a-z jika kamu merasa tertarik dan siap menerima semua resikonya silahkan untuk memelihara, jika perlu ternak sugar glider sekalian, tapi sebaliknya jika dirasa tidak mampu sebaiknya jangan untuk kebikan sugar glider dan diri kita sendiri tentunya.


Cara Terbaik Ternak Sugar Glider


Ternak sugar glider – Kamu pehobi binatang imut ini? Pernah berniat untuk menternakkan / Breeding sugar glider?. Pasalnya makin kesini makin bertambah peminatnya.

Dengan harga jual yang lumayan tinggi, akan memberikan untung yang cukup besar bagi peternaknya.

Selain perawatan yang simpel, budidaya SG tidak memerlukan tempat yang luas. Ditambah banyaknya ulasan dari televisi swasta tetang SG ini makin membaut makin tenar.

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum beternak SG adalah bukan melulu tentang keuntungan, karena dipercaya harga SG akan terus turun seiring dengan makin populernya di masyarakat. Berbeda ketika alasan ternak sugar glider karena memang sudah hobi.

Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika berniat ternak hewan peliharaan satu ini.

Persiapkan Mental untuk ternak SG

handfeeding sugar glider keju
handfeeding sugar glider joey dengan madu via youtube.com

Ternak sugar glider tidak semudah kelihatannya, yang terpenting kesiapan diri, karena membutuhkan waktu tenaga dan pikiran yang tidak sedikit. Pengetahuan dasar dalam memelihara SG juga harus kamu miliki.

Soal makanan sugar glider harus diperhatikan karena SG sangat sensitif terhadap bahan kimia yang terdapat pada makanan.

Peralatan dan persiapan awal

kandang untuk ternak sugar glider
kandang sugar glider via kaskus.co.id

Jika berniat ternak SG tentunya kamu harus memiliki kandang yang representatif, agar SG bisa tinggal dengan nyaman, didalam kandang juga persiapakan tempat makan, tempat minum, pounch (tempat tidur).

Kamu juga harus mempersiapkan persediaan makanan yang cukup. Terakhir yang paling penting adalah WAKTU, jika kamu tidak mempunyai waktu luang sebaiknya urungkan niatmu. SG membutuhkan perhatian ekstra apalagi jika jumlahnya sudah banyak.

Sugar glider asal papua banyak dicari

cara ternak sugar glider papua
Seorang perempuan memotret dua ekor Sugar Glider milik anggota Komunitas Pecinta Sugar Glider Surabaya, saat car free day Suarabaya via beritadaerah.co.id

Sampai saat ini SG peliharaan yang ada diseluruh dunia 90% berasal dari Papua. Karena sugar glider dari Australia tidak diperbolehkan dibawa ke laur negeri dan dilindungi negaranya.

Hal itu membuat sugar glider dari Papua banyak diburu pehobi. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan indukan dari sugar glider papua yang merupakan hasil ternak juga, karena lebih jinak tentunya.

Dimulai dengan 2 pasang sugar glider indukan

ternak indukan sugar glider
ternak sepasang indukan sugar glider via hewanindonesia.com

Kamu bisa membeli 2 pasang sugar glider dengan modal berkisar 290rb – 350ribu/ekor untuk memulai usaha ini. Tentunya pejantan dan betina. Pilihlah indukan dengan mata jernih, bulu bagus, tidak sayu, dan tidak cacat, tidak ada bekas luka, harus lincah, memiliki nafsu makan baik, hidung berwarna pink jangan yang pucat.

Usahakan umur indukan diatas 7 bulan, biasanya diatas umur itu sudah siap produksi dan matang organ produksinya.

Untuk mengawinkan cukup masukkan kedalam kandang yang nyaman. Untuk indukan jangan terlalu sering diganggu biarkan mereka asik sendiri.

Jangan mengawinkan anakan dewasa dengan indukan

sugar glider joey makan bareng
sugar glider joey makan berjamaah via jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

Anakan sugar glider dewasa jangan dikawinkan dengan indukannya karena hal tersebut bisa menyebabkan sugar glider cacat atau bahkan lebih parah, kematian.

Jaga kebersihan kandang

kamar makan sugar glider
tempat makan sugar glider via ohjiwa.blogspot.com

Kebersihan kandang sugar glider harus benar-benar bersih. Karenanya harus rajin dibersihkan. Jangan terlalu sering memberinya buah di kandang, sebab biasanya sisa buah akan mengundang gerombolan lalat, dan akhirnya melahirkan penyakit.

Disamping buah kamu bisa memberinya pakan jenis lain semisal bubur bayi, protein booster, susu khusus SG, bee polen, tepung jangkrik dan kalsium.

Berikan perhatian lebih

sugar glider bermanja ria
sugar glider bermanja ria via m.tempo.co

Sugar glider joey ketika baru lahir hanya berukuran satu butir beras dengan berat tidak lebih dari 0.2 gram.

Dengan kaki dan tangan masih menempel, bayi sugar glider yang baru lahir akan merakak menuju indukan betina dan hidup di kantong selama dua bulan. Saat itu jangan pisahkan antara anakan sugar glider dengan indukannya.

Lakukan Promosi untuk Penjualan

sugar glider tertidur
sugar glider tertidur pulas via azulzula.blogspot.com

Dalam hal jual beli hal yang terpenting adalah promosi, kamu bisa mempromosikan hasil ternak sugar glider lewat dunia maya, mulai dari jejaring sosial (fb, twitter, instagram, bbm dll), blog, marketplace (bukalapak, tokopedia), OLX hingga web pribadi.

Selain melalui dumay kamu juga bisa bergabung dengan komunitas pecinta sugar glider sebagai sarana promosi. Bila sudah dikenal banyak orang kamu bisa merekrut reseller.

Pengiriman sugar glider

wadah tempat pengiriman DG
packing pengiriman sugar glider via sugarglider.com

Ini merupakan hal krusial, jangan sampai salah kemas karena bisa jadi sugar glider ketika sampai tujuan dalam keadaan tak bernyawa. Untuk pengemasan sugar glider yang akan dikirim ke luar pulau jawa bisa menggunakan kandang hamster yang didalamnya diberi tisu, makanan dan minuman, usahakan diberi makanan yang mengandung bayak air.

Untuk pengiriman yang masih dalam satu pulau cukup dimasukkan kedalam kandang jangkrik, yang juga diberi alas tisu, makanan serta minuman. Tentunya kandang harus ditutup agar tidak stres melihat orang lalu lalang, tutup bisa menggunakan koran bekas.

Tips ternak sugar glider

kandang ternak sugar glider
kandang sg via www.sugarglider.com

Ketika memelihara sugar glider indukan kamu juga bisa memasukkan 2 betina dengan satu pejantan dalam satu kandang. Ketika SG indukan sudah membawa joey dalam kantungnya, berikan porsi makan sedikit lebih banyak daripada hari biasa.

Tempatkan kandang SG ditempat nyaman, karena kemungkinan terburuk ketika stres adalah joey yang ditelantarkan oleh indukan.

Joey akan keluar dari kantong setelah kurang lebih 2 bulan in pouch. Saat itu umur sugar glider joey dihitung 0 hari.

Ketika itu mulai lebih repot lagi karena kita harus lebih memperhatikan SG joey dan membiasakan dengan sentuhan tangan manusia agar jinak. Usia joey ideal kita bisa berinteraksi dengan nya adalah 2-3 minggu setelah keluar dari kantung.

ternak sugar gider
sugar gider via ingonan.com

Untuk sugar glider joey saat masih kecil umur dibawah 1 bulanan kita tidak perlu terlalu repot memikirkan makanannya. Karena dia masih sangat tergntung dengan ASI induknya. Kita fokus ke asupan gizi indukanya saja.

Saat sudah lewat 1 bulan joey bisa dikenalkan dengan bubur bayi, caranya bisa disuapi handfeed dengan menu bubur yang tidak terlalu kental.

Untuk umur ideal joey dipisah dengan induknya adalah 1,5-3 bulan setelah minimal 3 minggu sg joey bisa makan sendiri. ketika sudah bisa makan sendiri sugar glider joey siap dijual.

Untuk kamu yang serius dalam bidang ini lebih baik langsung ternak puluhan ekor kalau perlu ratusan ekor agar setiap saat bisa panen, ini untuk yang ingin mencari keuntungan besar dan cepat dengan ternak sugar glider.


Makanan untuk si Imut, Sugar Glider Joey agar Cepat Gemuk


Makanan sugar glider joey agar cepat gemuk – Ketika kita membahas tentang memelihara bayi sugar glider joey yang sehat dan riang, maka tak bisa lepas dari dua hal.

Yang pertama adalah soal memberi makan dan penjagaan sugar glider, dan yang kedua masalah bonding dengan kamu dan anggota keluargamu.

Keduanya hal yang sangat perlu diperhatikan ketika berniat memelihara sugar glider joey.

Jangan kamu berikan! Kecuali kamu telah yakin makanan tersebut aman

Saat ini kita akan membahas masalah yang paling sering disalahpahami dan dibuat-buat yaitu soal memberi makan sugar glider. Sebelum mengetahui lebih dalam hal pertama yang perlu kita ketahui adalah, sugar glider termasuk kategori binatang omnivora, yang artinya pemakan segala, hewan peliharaan satu ini akan memakan apapun yang diletakkan di depannya.

buah dan sayur untuk sg
buah dan sayur untuk sugar glider via binatangpeliharaan.org

Ketika kamu mencari di internet tentang makanan sugar glider joey, disana akan ada puluhan tulisan yang luar biasa tercampur baur, dari mulai waktu memberi makan, makanan yang mahal, cara dan metode untuk memberi makan sugar glider, dan kesemuanya adalah pendapat pribadi yang mereka klaim bahwa punya merekalah yang terbaik, dan merupakan satu-satunya cara.

Mereka bilang ‘kamu seharusnya memberikan makan sugar glider begini dan begini. Jika kamu melakukan cara lain, itu bisa menyakiti sugar glidermu’.

Tapi, faktanya banyak cara dan pola makan yang sebenarnya baik-baik saja jika diaplikasikan. Seperti yang sudah disebutkan diatas, sugar glider adalah pemakan segalanya, jadi gak perlu repot, hal yang penting adalah menjaganya tetap sehat dan bersemangat hingga berumur lebih dari 15 tahun.

Ada 3 komponen pokok makanan yang dibutuhkan sugar gliders. Pertama protein, kedua buah segar dan sayuran serta yang terakhir adalah suplemen vitamin. Berikut makanan yang mengandung ketiganya.

Vitamin

sugar glider anakan
sugar glider joey anakan via pontianaksugarglider.org

Vitamin berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan sugar glider. meski bukan merupakan sumber energi tapi tanpa vitamin energi tidak bisa terbentuk. Berfungsi untuk mengisi celah, sebagai perantara terbentuknya energi.

Jangan memberikan vitamin reptil untuk sugar glider. Belilah vitamin khusus untuk sugar glider. kamu bisa menaburkannya pada makanan binatang ini setiap kali akan makan. Jangan memasukkan vitamin kedalam minuman.

Air segar

sugar glider joey makan bareng
sugar glider joey makan berjamaah via jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

Kamu harus selalu memastikan ketersediaan air segar setiap harinya. Gunakan air yang telah disaring jangan air tanah dan jangan sampai membiarkan botol wadah air kosong.

Kamu bisa mencampur air ini dengan jus buah tiga kali dalam satu minggu. Untuk campuran air dan buah jangan dilakukan setiap hari karena makanan terlalu banyak mengandung gula tidak bagus untuk kesehatan sugar glider.

Sereal

handfeeding sugar glider keju
handfeeding sugar glider joey dengan madu via youtube.com

Carilah sereal untuk makanan ringan sugar glider, pilih sereal yang banyak mengandung protein dan low fat. Sereal ini sebagai snek yang dihidangkan diantara makanan pokok. Dan bukan merupakan nutrisi pokok dari makanan.

Usahakan menghidakan sereal 1 sendok makan dalam satu hari, setiap harinya buang sisa sereal dan bersihkan wadahnya dan isi sereal baru. Sereal ini bisa berupa yogurt atau keju.

Buah segar dan sayuran

sugar glider makan strawberry
sugar glider makan buah strawberry via www.sunseed.com

Buah dan sayuran segar merupakan makanan wajib untuk seekor sugar glider joey. Kamu harus memperhatikan kandungan kalsium dan fosfor pad buah yang kamu berikan untuk sugar glider, fosfor merupakan unsur yang menghambat penyerapan dalam tubuh.

Karenanya perbandingan antara kalsium dan fosfor adalah 2:1 semakin sedikit fosfor dan semakin besar kandungan kalsium sangat dianjurkan. Dalam hal ini pepaya adalah yang terbaik untuk diberikan setiap hari karena memiliki kalsium tinggi.

Tempatkan buah dalam wadah besar, untuk menghidangkannya bisa kamu campur, buah dan sayuran merupakan hiburan tersendiri bagi sugar glider, menggunakan wadah besar supaya mereka bisa bermain-main di atasnya.

Dalam memberi buah pastikan telah dicuci bersih untuk menghindari adanya pestisida dan bahan kimia sejenisnya.

Bubur bayi

sugar glider joey dalam genggaman
sugar glider joey via pecintahewan.com/

Banyak para pemilik sugar glider menggunakan bubur bayi untuk manan pokok bagi mereka. Dengan mempertimbangkan kandungan bubur bayi yang kaya akan nutrisi dan vitamin untuk perkembangan sugar glider.

Memang benar bubur bayi dapat memenuhi kebutuhan metabolisme untuk bertahan hidup saja. Tapi bubur bayi tidak lantas bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisinya. Jadi disamping bubur bayi tambahkan buah , sayuran dan makanan yang kita sebutkan sebelumnya.

Serangga sebagai makanan favorit SG

sugar glider makan dengan santa
sugar glider joey makan dengan santai www.pets-lover.com

Insects atau serangga adalah makanan favoritnya. Serangga disini tidak boleh serangga liar, gunakan serangga yang sudah diternakkan, semisal jangkring mealworm, belalang. Jangan terlalu banyak memberinya serangga karena akan menimbulkan bau tak sedap seperti musang.

Presentase makanan hidup yang diberikan tidak boleh dari 25% dari keseluruhan makanan. Disamping serangga kamu juga bisa memberikan daging ayam hilangkan tulangnya terlebih dahulu, dan juga telur burung yang sudah direbus/di orak-arik.

kamar makan sugar glider
tempat makan sugar glider via ohjiwa.blogspot.com

Selain yang telah disebutkan diatas makanan yang disukai sugar glider diantaranya nektar, dan getah yang dihasilkan oleh berbagai tanaman dan pepohonan, perlu juga sesekali memberikan makana-makanan ini.

Ada pula beberapa makanan yang dilarang diberikan untuk sugar glider/ sugar glider joey beberapa diantaranya saya tuliskan dibawah ini.

  • Jangan memeberikan makan sugar glider berupa kacang, biji-bijian, karena bisa menyebabkan usus tersumbat dan mengandung lemak berlebih.
  • Hindari memberikan makanan yang mengandung banyak lemak semisal kacang, alpukat dan sejenisnya.
  • Jangan memberikan serangga liar, bisa jadi terlah terkontaminasi pestisida atau pupuk, sugar glider sangat sensitif terhadap bahan kimia.
  • Jangan sekali-kali memberikan junk food.
  • Jangan memberikan makanan kaleng.
  • Hindari bawang dan makanan yang mengandung bubuk bawang karena bawang mengandung disulfida dipropyl yang dapat menghancurkan sel darah merah pada hewan ini.
  • Jangan memberikan makanan untuk anjing, kucing ataupun peliharaan semisal.
  • Jangan memebrikan cokelat. Ini telah banyak membuat hewan peliharaan keracunan.
  • Jangan memberi kafen/kopi.
  • Berbagai macam permen dan coklat, atau segala bentuk makanan yang mengandung banyak gula. Dan beberapa makanan lainnya.

Sugar glider cenderung memakan apa saja di sekitarnya yang dia temui, karenanya kita harus menjaga agar tidak sembarangan dengan memberikan makanan dan minuman yang sesuai untuk mereka.

Jika kamu merasa ragu dengan makanan yang hendak kamu berikan untuk sugar glider, jangan kamu berikan!. Kecuali kamu telah yakin makanan tersebut aman, berikan saja.


Cara Memandikan Sugar Glider dengan Benar


Cara memandikan Sugar Glider – Sugar Glider adalah binatang mamalia yang masuk dalam kategori binatang nocturnal, binatang yang aktif di malam hari.

Termasuk binatang marsupial, binatang berkantung, sebangsa dengan kanguru. Sugar glider sangat lucu, imut, pintar dan mengemaskan, membuatnya banyak dijadikan binatang peliharaan seperti kucing/hamster. Lebih lengkap cek di binatang sugar glider.

Sugar glider juga termasuk binatang omnivore, pemakan segala. Makanan sugar glider bisa berupa serangga kecil, nektar, buah-buahan, sereal juga vitamin khusus sugar glider.

Banyak orang yang berniat ternak sugar glider dikarenakan makanan yang mudah didapat dan terjangkau, di samping keuntungan yang di dapat tidak sedikit.

Ketika memelihara sugar glider seringkali bulu sugar glider beralih warna menjadi kuning kusam dan kotor. Kamu bisa membersihkan bulu sugar glider kembali berwarna abu-abu cerah sama ketika bayi, atau terkadang sugar glider mengeluarkan bau yang tidak sewajarnya, keduanya bisa diatasi dengan cara memandikannya.

Disini kita jabarkan cara memandikan sugar glider dengan benar.

Sugar glider tidak jauh berbeda dengan hewan peliharaan lain semisal kucing, bahkan sugar glider bisa dibilang lebih bersih, mereka membersihkan dirinya dengan menyisir dan menjilat tubuhnya,

Namun adakalanya noda dan kotoran yang menempel di bulu atau tubuh sugar glider tidak bisa di bersihkan sendiri, jika terjadi hal seperti itu kamu bisa memandikan sugar glider.

Aturan yang perlu diperhatikan

  1. pertama adalah sugar glider tidak perlu sering mandi bahkan sebenarnya sama sekali tidak perlu, karena sugar glider mempunyai aroma khas mereka sendiri yang membuat pemiliknya mengira itu karena kotor. Sebenarnya itu aroma khas dari sugar glider.
  2. Sugar glider adalah hewan yang bersih, mereka menghabiskan banyak waktunya untuk merawat diri sendiri. tentunya judul cara memandikan sugar glider disini bukan berarti mandi layaknya kita memandikan kucing. Sugar glider termasuk binatang yang tidak suka mandi. Berhati-hatilah ketika memandikannya sebab bisa merusak kepercayaan Sugar Glider kepada tuannya.
  3. Sugar glider binatang yang sangat sensitif terhadap bahan kimia. Hindari pengunaan sampo yang berbahaya, sebaiknya gunakan sampo untuk bayi. Ketika memandikan sugar glider pastikan kondisi sugar glider sedang sehat dan tidak ada tanda sakit. Sugar glider yang akan dimandikan adalah sugar glider yang sudah jinak. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Peralatan yang dipersiapkan

ternak sugar gider
sugar gider via ingonan.com

Sampo, jangan mempergunakan sampo pada umumnya, gunakan sampo khusus yang sudah diformulasikan untuk sugar glider. atau jika tidak ada gunakan sampo bayi, atau sampo kucing.

Persiapkan juga handuk kering untuk mengeringkan dan menghangatkan tubuh sugar glider. kamu juga bisa menggunakan tisu basah non alkohol sebagai pengganti air.

Langkah langkah dan cara memandikan sugar glider

  1. Keluarkan sugar glider dari kandang, masukkan kedalam kantung (pouch) khusus Sugar Glider, atau cari waktu ketika Sugar Glider sedang bermain di luar dan kandang dalam keadaan kosong.
  2. Bersihkan kandang, karena seringkali penyebab timbulnya bau tak sedap dan terjadinya perubahan warna pada bulu Sugar Glider karena kita kurang menjaga kebersihan kandang sugar glider, yang membuat pengap dan Sugar Glider menjadi tidak bersih. Membersihkan kandang bertujuan ketika selesai dimandikan sugar glider bisa segera menempati tempat bersih dan nyaman setelah mandi tanpa kuatir bau lagi.
  3. Pegang sugar glider jangan dibiarkan lari atau terperosok masuk kedalam air, karena sugar glider tidak bisa berenang.
  4. Cara memandikan sugar glider bisa menggunakan sampo bayi atau sampo kucing, untuk membersihkan warna bulu sugar glider adalah dengan memandikannya menggunakan sampo bayi yang aman jika mengenai mata, atau pergunakan sampo kucing. Penggunaan sampo untuk memandikan Sugar Glider hanya boleh ketika Sugar Glider sudah berumur dan menginjak usia dewasa. Karena Sugar Glider bayi (joey) sangat rentan dengan kedinginan.
  5. Cara memandikan Sugar Glider kedua bisa menggunakan cairan pembersih khusus untu Sugar Glider yang tersedia di toko-toko Sugar Glider, tersediaa juga di marketplace jual beli online. Dan cara ini sangat tidak cocok dilakukan untuk jangka panjang. Jangan mempergunakan cairan ini ketika bulu Sugar Glider tidak benar-benar kotor.
  6. Cara memandikan Sugar Glider bisa juga menggunakan lap atau handuk yang telah dibasahi dengan air hangat, bisa juga menggunakan tisu basah non alkohol. Dengan cara ini tidak bisa serta merta bulu Sugar glider terlihat cerah, butuh beberapa minggu sampai hitungan bulan untuk bisa membersihkan bulu Sugar Glider dengan cara ini. Dan cara inilah yang paling aman.
  7. Kamu juga bisa menggunakan semprotan kaca yang telah diganti airnya dengan intensitas air kecil, seperti ketika orang memandikan burung dengan intensitas air kecil.
  8. Usap perlahan bulu sugar glider dengan handuk atau tisu basah tersebut hingga bulu sugar glider terlihat basah dan kotoran yang menempel telah hilang.
  9. Sebelum dimasukkan ke kandang, ajak sugar glider bermain terlebih dahulu agar badan sugar glider mengering.

Sangat disarankan hanya menggunakan handuk basah atau tisu basah non alkohol untuk memandikan sugar glider. Karena pada dasarnya hanya manusia lah yang menggunakan shampoo dan kondisioner serta sabun, itu yang membuat kita berpikir bahwa hewan yang kita pelihara perlu mandi juga.

Tetapi hal ini tidak berlaku untuk sugar glider, karena sugar glider memiliki bulu yang padat dan tebal yang telah dikondisikan dengan baik oleh minyak alami dari SG, disamping itu bulu sugar glider jika dimandikan dan dicuci menggunakan sabun akan sulit kering.

Karenanya sangat disarankan hanya pergunakan tisu basah non alkohol atau handuk yang sudah dicelup dengan air hangat.

sugar glider tertidur dalam pouch
sugar glider tidur via flickr.com

Air sabun atau shampo mengandung bahan kimia yang mengandung cairan pembersih didalamnya menyebabkan minyak alami sugar glider hilang. Sangat dilarang menggunakan hair dryer/pengering rambut untuk mengeringkan badan Sugar Glider.

Karena panas dari Hairdryer dapat membakar bagian tubuh Sugar Glider semisal telinganya, yang akan menyebabkan sugar glider kesakitan. Demikian cara memandikan sugar glider, dan hal hal yang harus kamu ketahui sebelum memandikan sugar glider.


Cara Menjinakkan Sugar Glider yang Menggigit dengan Efektif dan Cepat


Cara Menjinakkan Sugar Glider – Tentunya kalian sudah tahu apa itu binatang sugar glider. binatang ini sangat cocok untuk dipelihara dan di ternak dikarenakan sugar glider mempunyai tingkatan lebih dari jinak

Mereka tidak sekedar jinak tetapi juga bisa bounding, lengket dengan tuanya, mengikuti kemana pun tuannya pergi dengan bermain-main di badan pemiliknya. Untuk menjinakkan sugar glider ini tidaklah mudah. Berikut kami berikan tips untuk menjinakkan hewan peliharaan lucu ini.

Handsfeed

handfeeding sugar glider keju
handfeeding sugar glider joey dengan madu via youtube.com

Memberi makan sugar glider langsung menggunakan tangan, tentunya pilihkan makanan sugar glider yang sesuai dengan kadar kesehatan, jangan sembarangan memberi makan bisa berbahaya untuk sugar glider.

Gunakan jari-jarimu untuk mengambil makanan yang akan kamu berikan kepada sugar glider.

Ketika sugar glider sudah mulai terbiasa mereka bahkan akan mengejar jarimu ketika sudah waktunya makan dan ketika mereka merasa lapar.

Karena kebutuhan adalah dasar hewan , dengan kamu yang memberi makan rutin akan menumbuhkan rasa percaya sugar glider terhadap diri kita. Kamu harus melakukannya setiap kali waktu makan untuk mempercepat bounding.

Biasakan dirimu

mengenal sugar glider
mengenal sugar glider lebih dalam via sugarglider-indo.blogspot.com

Kamu bisa melakukannya dengan memasukkan tanganmu ke dalam pouch tidur sugar glider peeliharaanmu, lakukan kegiatan ini setiap kali kamu senggang, bisa dilakukan sambil melakukan kegiatan lain,

Ketika siang hari saat sugar glider mengantuk dan kamu bisa sambil menonton televisi. Masukkan tanganmu kedalam pouch, mereka akan menggigit tanganmu, nikmatin aja gigitannya, anggap terapi gigit hehe.

Lakukan hal tersebut selama berhari-hari sampai mereka terbiasa dan tidak lagi crabbing ketika kamu memasukkan tanganmu kedalam pouch. Ini termasuk cara yang efektif untuk menjinakkan sugar glider.

Genggam sugar glidermu

sugar glider joey dalam genggaman
sugar glider joey via pecintahewan.com/

Dekap sugar glider dalam genggaman biarkan dia tertidur lelap didalam genggaman tanganmu. Ini untuk membiasakan sugar glider dengan tanganmu.

Atau kamu bisa juga mengajaknya bermain setiap kali ada waktu luang. Ini untuk membangun ikatan antara sugar glider dengan kamu sebagai pemiliknya. Biarkan sugar glider menempel begelantung di tanganmu.

Membawa Sugar Glider kemanapun

cara ternak sugar glider papua
Seorang perempuan memotret dua ekor Sugar Glider milik anggota Komunitas Pecinta Sugar Glider Surabaya, saat car free day Suarabaya via beritadaerah.co.id

Ajak sugar glidermu jalan-jalan kamu bisa menaruhnya dikantung baju atau dipundakmu, jangan lakukan ini jika glidermu masih terlalu liar. Karena bisa saja sugar glider lari, lari mereka sangat cepat soalnya.

Jika sugar glider mencoba untuk kabur cobalah untuk menggenggam dan menutup sugar glider kedalam dua tanganmu, cara ini akan menenangkan sugar glider, lama kelamaan akan diam dan tenang dengan sendirinya.

Memanfaatkan kaos

kandang untuk ternak sugar glider
kaos dalam kandang sugar glider via kaskus.co.id

Letakkan kasomu dalam kandang sugar glider, baiknya adalah kaos yang baru saja kamu gunakan, pastikan bajunya kering, tidak kondisi basah karena keringat. Sugar glider adalah binatang territorial yang menggunakan bau untuk menandai wilayahnya.

Jadi dengan meletakkan baju/kaos yang memiliki bau keringat mu setiap hari akan mempercepat proses menjinakkan sugar glider, karena sugar glider sudah terbiasa dengan bau badan kamu. Selalu ganti kain tersebut setiap harinya.

Penempatan kandang

kandang ternak sugar glider
kandang sg via www.sugarglider.com

Tempatkan kandang sugar glider ditempat yang sering dilewati atau anggota keluarga, ini bertujuan untuk membiasakan sugar glider akan kehadiran manusia, dan tahu bahwa manusia tidak berbahaya, namun perhatikan juga untuk dihindarkan dari anak-anak karena biasanya tingkah anak-anak membuat sugar glider takut.

Kesabaran

sugar glider joey makan bareng
sugar glider joey makan berjamaah via jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

Kamu harus memiliki kesabaran tingkat tinggi agar bisa menjinakkan sugar glider, sebab habitat asli hewan ini di hutan tidak selayaknya kucing atau anjing.

Berbeda sugar glider berbeda pula lama jinaknya tergantung karakter. Untuk kamu yang memelihara sugar glider dewasa, maka proses jinak lebih lama dibanding ketika memelihara sugar glider joey.

Pemilihan sugar glider

sugar glider anakan
sugar glider joey anakan via pontianaksugarglider.org

Sebelum membeli sugar glider untuk dipelihara sendiri, pilihlah sugar glider joey, yang memiliki potensi menjinakkan lebih besar.

Usia paling muda ialah 2 bulan, sugar glider joey mereka belum mempunyai pengalaman hidup di alam liar tau di pegang orang lain, ini akan lebih memudahkan untuk menjinakkannya.

Waktu untuk menjinakkan sugar glider

ternak indukan sugar glider
Sugar glider dimalam hari via hewanindonesia.com

Untuk menjinakkan sugar glider lebih baik dilakukan di siang hari, saat dia sedang lelah dan mengantuk, sugar glider diwaktu ini akan cenderung untuk diam dan tenang. Jikalaupun dia dia mengigit gigitanya tidak sekuat saat waktu malam hari.

Sering menggigitkan jari kita kemulutnya

digigit sugar glider
digigit sugar glider via www.suggieblues.com

Cara menjinakkan sugar glider yang satu ini terbilang ampuh. Kamu harus mempunyai nyali dan keberanian berlebih, dengan ini kamu bisa menjinakkan sugar glider dalam hitungan jam.

Masukan jarimu dengan terbalik, kuku berada di gigi bawah sugar glider, karena sugar glider memiliki gigi bawah yang lebih tajam daripada gigi atas. Lakukan hal ini beberapa kali sampai sugar glider tidak menggigit lagi.

Beberapa yang harus diperhatikan dalam menjinakkan sugar glider diantaranya, pemilihan umur yang harus kamu usahakan SG Joey, jika berikan kenyamanan pada kandang dan lingkungan sekitar kandang sugar glider, hindarkan dari kebisingan jalanan atau tempat berisik semisal didekat televisi, sound system dan semacamnya. Jika kamu sudah ahli jangan lupa perhatikan makanan sugar glider. Happy bounding. Semoga bermanfaat

Advertisements