Kepiawaian Suzuki Indonesia di Pasar Otomotif Nasional

Suzuki Motor Corporation adalah pabrikan Jepang yang telah hadir di pasar otomotif Indonesia sejak 1976. Pada 2011, Suzuki masuk ke dalam jajaran 10 pabrikan mobil terbesar di dunia, dan berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) , Suzuki adalah produsen terbesar kedua di Jepang untuk mobil dan truk kecil.

Didirikan oleh Michio Suzuki pada tahun 1909, awalnya berjuang di industri peralatan tenun. Setelah Perang Dunia II berakhir, Suzuki mulai fokus bekerja pada kendaraan bermotor, dan mengeluarkan sepeda motor mereka.

Hanya pada tahun 1968, Suzuki mengembangkan kendaraan dengan penggerak empat roda (4×4) dan menjualnya sebagai kendaraan ringan di pasar domestik Jepang pada tahun 1970, dengan Suzuki LJ 10 sebagai produk pertama.

Model Paling Populer di Indonesia

suzuki ertiga model paling populer di indonesia

Suzuki Indonesia adalah merek yang cukup akrab bagi masyarakat sejak dulu. Tidak hanya mobil tetapi juga sepeda motor. Suzuki Indonesia bermain di segmen kendaraan komersial / komersial, MPV, Crossover, sedan hatchback, SUV, city car, dan MPV kompak. Berikut adalah beberapa model yang cukup populer di kalangan orang Indonesia:

Suzuki Carry

Carry adalah kendaraan komersial dengan model pikap, dan kemampuannya telah diuji selama lebih dari 20 tahun. Perawatan yang mudah, hemat bahan bakar, dan transplantasi mesin yang kuat, menjadikan Carry kendaraan komersial yang cukup populer di negara ini.

Suzuki Ertiga

Ertiga adalah kendaraan MPV rendah yang dapat menampung hingga 7 penumpang. Mobil ini cukup populer di kalangan keluarga Indonesia, karena kapasitasnya yang besar dan merupakan kombinasi antara MPV dan sedan.

Suzuki Indonesia Versus Kompetitor

suzuki jimmy di giaa

Suzuki dikenal sebagai kendaraan yang mudah dirawat dan suku cadangnya banyak tersedia. Meski begitu, produk Suzuki juga terbilang murah dibanding kompetitor, dan irit dalam konsumsi bahan bakar.

Untuk teknologi, semua produk peringatan Suzuki memperhatikan masalah lingkungan dan telah menerapkan teknologi keamanan terbaru. Tidak hanya itu, karena Volkswagen AG juga menjadi pemegang saham terbesar Suzuki sejak 2010, sehingga transfer teknologi telah dibuat.

Suzuki memiliki banyak pesaing yang bermain di segmen yang sama, baik dari segmen kendaraan keluarga hingga MPV. Pesaingnya berasal dari Toyota, Mitsubishi, Honda, Kia, Nissan, Mazda dan Hyundai. Sementara pabrikan asal Amerika Serikat, General Motors melalui merek Chevrolet, bersaing dengan Suzuki di segmen kendaraan low MPV, sedan hatchback, dan city car.

Kesimpulan

Produk Suzuki cukup populer di pasar otomotif dalam negeri. Harga murah, perawatan mudah, ketersediaan suku cadang, dan kerja sama dengan produsen otomotif raksasa di dunia, membuat merek Suzuki terkenal di seluruh dunia.

Sementara itu, harga mobil Suzuki masih murah dibandingkan dengan pesaingnya. Tidak hanya itu, harga jual kembali mobil Suzuki cukup stabil, sehingga masih banyak orang yang mencari mobil bekasnya.