6 Tips Memilih Tempat Beli Hosting Bayar Bulanan yang Tepat

Pasti Anda pingin punya website, entah untuk keperluan bisnis, web pribadi, ataupun sekedar have fun saja, dan Anda beranggapan bahwa website itu mahal, begitu pasti kan? Sebenarnya berapa sih biaya membuat website itu?

Entah itu seorang blogger, pelaku UKM, freelance, web developer atau lainnya, saya yakin Anda menginginkan hosting terbaik untuk menunjang branding Anda.

Untuk memilih sebuah hosting yang tepat, tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini karena layanan hosting nantinya akan menjadi rumah untuk website Anda di internet. Seperti yang sudah sama-sama diketahui, saat ini memang banyak ditemukan tempat jual hosting yang menawarkan berbagai macam layanan yang beraneka ragam.

Sebelum membeli layanan web hosting ada baiknya Anda menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.

  • Platform apa yang akan Anda gunakan untuk membuat sebuah website?
  • Seperti apa konten dari website yang akan dibuat nantinya? (Apakah lebih banyak gambar dengan resolusi tinggi, gambar animasi, video atau yang lain sebagainya).
  • Dari manakah pengunjung website Anda nantinya?
  • Seberapa sering Anda akan melakukan serta memerlukan backup data?
  • Apa sajakah layanan tambahan yang dibutuhkan? Baik itu jumlah Addon Domain sampai dengan Email Hosting yang harus dipertimbangkan.
  • Apakah website tersebut memberikan layanan 24 jam, live chat serta telepon yang dibutuhkan atau hanya sekedar menggunakan email saja sudah cukup?

Nah, untuk bisa menentukan layanan hosting tersebut, berbagai macam pertanyaan yang sudah diajukan di atas sangat perlu untuk Anda jawab. Pertanyaan itu juga bisa Anda jadikan acuan dasar dalam memilih layanan hosting yang tepat.

Nah, jika Anda sedang mencari tempat beli hosting bayar bulanan yang tepat dan tidak mengecewakan, di bawah ini akan diberikan beberapa tips dan rekomendasi sebelum memilih hosting yang tepat. Apa sajakah itu? Berikut ini pembahasannya.

Kualitas Dari Performa Server

Langkah pertama sebelum Anda memilih sebuah layanan hosting ialah dengan mengetahui kualitas servernya terlebih dahulu. Jangan sampai website yang Anda buat susah untuk diakses karena performa server yang rendah atau berbagai macam masalah teknis lainnya.

Banyak parameter yang bisa Anda lihat jika ingin memilih server dengan kualitas terbaik. Salah satunya ialah dengan melihat lokasi server. Sangat disarankan untuk memilih lokasi server di negara tempat calon pelanggan tinggal. Jika Anda tinggal di Indonesia, maka pilihlah server website di Indonesia.

Harga Terjangkau serta Unlimited

Siapa yang tidak tertarik dengan layanan hosting yang murah? Ya, hosting yang dibandrol dengan harga terjangkau memang menjadi incaran bagi siapa saja. Namun, Anda jangan mudah tergiur dengan harga yang murah begitu saja.

Pilihlah hosting yang menawarkan harga terbaik namun dengan layanan yang baik pula. Jangan sampai Anda mendapatkan hosting dengan biaya yang terlalu mahal, namun memiliki layanan yang sama dengan penyedia jasa hosting lainnya.

Bandingkan jenis paket antar layanan hosting ataupun rincian spesifikasi beserta dengan harganya. Dalam membandingkan hal-hal tersebut tentu saja harus bersifat apple to apple  dimana harga lebih tinggi tentu menawarkan layanan yang lebih baik.

Baca Juga  5 Cara Memilih Jam Tangan Wanita Terbaru Sesuai Karakter Anda

Layanan Customer 24 Jam dan Berkualitas

Sebelum Anda memilih tempat beli hosting bayar bulanan, tips berikutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan memilih layanan hosting yang menyediakan layanan customer berkualitas. Idealnya, layanan customer tersebut memiliki pelayanan selama 24 jam.

Dengan begitu, Anda bisa menghubungi layanan customer kapan saja. Tak cukup sampai disitu, bahkan layanan customer yang berkualitas juga akan membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang Anda hadapi dengan baik.

Perhatikan pula cara apa yang bisa Anda lakukan untuk menghubungi mereka. Apakah melalui panggilan telepon, tiket bantuan, email ataupun live chat.

Fitur Tambahan

fitur domainesia penyedia hosting murah bayar bulanan
fitur domainesia

Tak hanya harus memperhatikan fitur utama yang dimiliki, Anda juga harus memperhatikan fitur tambahan yang disediakan oleh layanan tersebut. Saat ini, banyak penyedia jasa hosting yang menyediakan berbagai macam fitur tambahan.

Nah, bagi Anda yang bingung memilih fitur tambahan tersebut, pilihlah fitur yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan. Seperti contoh, nantinya Anda akan membutuhkan fitur SpamExperts dan SpamAssassin Protection. Dimana, fitur tersebut berguna untuk mengatasi masalah spam dengan lebih mudah.

Garansi Uang Kembali

Perhatikan pula apakah tempat beli hosting yang akan Anda pilih tersebut memiliki layanan garansi uang kembali? Jika tidak, maka Anda harus mempertimbangkan lagi layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Dengan adanya garansi uang kembali, hal tersebut merupakan jaminan untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggan atas layanan yang ditawarkan. Bagi pelanggan, tentu jaminan ini sangat menguntungkan.

Setiap penyedia layanan hosting memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam layanan garansi uang kembali. Nah, agar Anda tidak salah dalam memilih perusahaan layanan hosting yang menawarkan garansi uang kembali, perhatikan beberapa pertanyaan di bawah ini.

  • Berapa banyak nominal uang yang akan dikembalikan nantinya?
  • Bagaimana sistem pengembalian uang itu sendiri?
  • Berapa lama waktu yang Anda butuhkan sampai uang tersebut dikembalikan?

Review dari Pelanggan

Tips terakhir dalam memilih tempat beli hosting bayar bulanan terbaik ialah dengan melihat review dari pelanggan. Ada banyak sekali sumber yang bisa Anda telusuri untuk mengetahui review pelanggan terhadap kepuasan dari layanan hosting yang diberikan oleh suatu perusahaan. Mulai dari blog hingga forum.

Demikian tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih tempat beli hosting bayar bulanan terbaik. Dewasa ini, memang banyak perusahaan yang menawarkan hosting dengan berbagai macam layanan. Namun, untuk memilih yang terbaik, Anda jangan sampai terkecoh.

Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih tempat beli hosting bayar bulanan terbaik dan terpercaya, Anda bisa membeli di domanesia.com tempat hosting murah bayar bulanan.

Soal domainesia.com, saya sudah lama menggunakan layanannya semejak pertama kali mengenal dunia website/blogging hingga saat tulisan ini di publish (2019), kurang lebih 3 tahun.

Selain itu, bagi Anda yang sedang disibukkan membuat karya ilmiah dan belum memahami bagaimana cara membuat daftar pustakanya, Anda bisa mengunjungi halaman penjelasannya di sini.