Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Transfer Pulsa ke Nomor Lain

Harus diakui, telepon seluler alias ponsel kini sudah menjadi barang penting bagi banyak orang. Sehari saja beraktivitas tanpa ponsel, terkadang ada saja pekerjaan yang tidak beres. Menghubungi kerabat dan rekan kerja juga menjadi lebih mudah, karena ponsel bisa dibawa dan dipakai di mana saja, selama sinyal provider dan pulsa tersedia.

Lalu bagaimana jika pulsa tidak cukup untuk melakukan panggilan alias saldo habis? Ada dua pilihan yang pastinya bisa dilakukan: membeli pulsa atau melakukan transfer pulsa. Membeli pulsa semua pasti sudah tahu caranya. Nah, untuk transfer pulsa, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pahami maksud transfer pulsa

Sebelum melakukan transfer pulsa, pahami terlebih dulu maksud dari layanan yang satu ini. Secara garis besar, transfer pulsa sama seperti transfer uang. Bedanya, yang dikirim adalah saldo pulsa dalam bentuk rupiah dari nomormu ke nomor yang dituju.

Transfer pulsa sendiri bisa dikatakan sebagai sarana untuk menolong kerabat atau teman dalam hal komunikasi. Terbayang, kan, bagaimana rasanya saat sedang butuh menggunakan ponsel namun pulsa tidak mencukupi untuk melakukan panggilan.

Atau lebih parah lagi, saat ingin membeli pulsa di konter atau via online namun akses sedang sulit. Layanan transfer pulsa pun pada akhirnya akan menjadi penyelamat di saat penting tersebut.

Ketahui syarat utama

Setelah tahu manfaat dari layanan yang satu ini, hal selanjutnya adalah mengetahui syarat utama sebelum melakukan transfer pulsa. Sebelum kamu transfer pulsa ke nomor lain, pastikan saldo pulsa yang kamu miliki masih tersisa minimal Rp5.000,00 setelah transfer. Tidak hanya itu, biaya administrasi sebesar Rp600,00 juga akan dikenakan oleh pihak operator setiap kamu memanfaatkan layanan ini.

Selain itu, nominal pulsa yang ditransfer juga ada aturan tersendiri. Kamu hanya bisa transfer pulsa mulai dari Rp5.000,00–Rp100.000,00 dalam sekali transaksi. Ingin transfer dengan jumlah lebih dari batas maksimal, bisa saja. Satu yang harus diingat, dalam sehari kamu hanya bisa transfer maksimal Rp200.000,00.

Pastikan nomor masih aktif

kehabisan pulsa

Selain dua syarat utama yang dijelaskan sebelumnya, syarat lain yang tidak kalah penting adalah pastikan nomor si penerima pulsa masih dalam masa aktif. Jika nomor yang dituju sudah melewati masa tenggang, maka pulsa yang kamu kirim sudah pasti gagal dan tidak akan sampai.

Tidak tahu masa aktif kartu? Jangan bingung karena hal ini bisa diketahui dengan mudah. Bagi pengguna IM3, kamu cukup mengirim pesan ‘USAGE’ ke nomor 363.

Pilih aplikasi terpercaya

Untuk pengguna kartu IM3, kamu bisa mengetahui cara cek dan transfer pulsa IM3 dengan cara menghubungi nomor *123# lewat ponsel. Ingin cara yang lebih praktis dan ringkas tanpa perlu proses yang lama, kamu bisa manfaatkan berbagai platform yang menyediakan layanan cek dan transfer pulsa, salah satunya melalui aplikasi Traveloka. Cukup buka aplikasi yang ada di ponsel, lalu pilih opsi yang diinginkan. Dalam waktu beberapa detik, pulsa langsung terisi.

Selain itu, Traveloka juga menyediakan layanan pembelian paket internet murah dengan berbagai pilihan. Besaran data dan berbagai bonus yang bisa dipilih menjadi nilai plus di sini. Komunikasi yang terputus pun dapat kembali dilakukan dengan lancar tanpa hambatan.