5 Spot Wisata Maluku yang Seru untuk Liburan Akhir Tahun

Sebagai negara kepulauan, keindahan pemandangan dan keanekaragaman alam Indonesia sudah diakui dunia. Objek wisata dari ujung barat sampai timur pun semakin laris disambangi turis lokal dan mancanegara. Kamu yang sudah mulai merencanakan liburan akhir tahun dan belum pernah ke Indonesia Timur, kini saatnya mengunjungi provinsi Maluku.

Agar menghemat pengeluaran, kamu bisa membeli tiket pesawat Batik Air dengan penerbangan langsung menuju kota Ambon dengan harga bersaing. Masih belum tahu daerah dan spot wisata mana saja yang bisa dikunjungi di Maluku? Beberapa tempat ini bisa kamu jadikan referensi.

1. Wisata Pulau Banda

Destinasi wisata pertama untuk kamu yang ingin menjelajahi Maluku adalah Pulau Banda. Pulau ini sering disebut sebagai surga kecil di ujung timur Indonesia karena indahnya pemandangan yang ditawarkan. Jika ke sana, kamu juga wajib menyambangi dua pulau lain yang berada tidak jauh yaitu Pulau Naira dan Banda Neira.

Ketiga pulau ini memiliki objek wisata menarik seperti perkebunan pala, Benteng Nassau, Benteng Belgica, Benteng Holandia Istana Mini, dan Gereja Tua yang semuanya merupakan bangunan peninggalan dari zaman penjajahan Portugis dan Belanda.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan wisata sejarah di Pulau Hatta dan Rumah Pengasingan Hatta yang namanya diambil dari wakil presiden pertama Indonesia sekaligus pahlawan proklamasi, Mohammad Hatta.

Untuk kamu yang senang menjelajah kedalaman laut lewat snorkeling, kamu bisa puas menikmati laut di sini. Biasanya, untuk menjelajahi kepulauan ini kamu membutuhkan waktu 5 hari 4 malam yang susah ditawarkan dalam bentuk paket perjalanan.

2. Kota Ambon

Untuk kamu yang lebih suka melakukan wisata kota (baca juga wisata Kota Solo), mengunjungi Ambon sebagai ibu kota provinsi bisa jadi pilihan utama. Kamu bisa mengunjungi Masjid Wapauwe yang diyakini sebagai masjid tertua di Indonesia dan telah dibangun sejak tahun 1414.

Kamu juga bisa mengunjungi Masjid Raya Al Fatah yang kemudian lanjut ke Makam Perang Persemakmuran (Commonwealth War Cemetery) yang dibangun oleh pemerintah Australia untuk tempat peristirahatan sekitar 2.000 tentara sekutu Australia di masa Perang Dunia II.

Beberapa spot wisata sejarah seperti Benteng Amsterdam, Gong Perdamaian Dunia Ambon, Patung Pattimura, dan Patung Christina Martha Tiahahu juga patut kamu sambangi. Ingin ngadem sejenak, kamu bisa mampir ke Ambon Center yang merupakan pusat perbelanjaan modern terbesar di Ambon.

3. Pulau Kai & Kai Kecil

Pulau ini sering disebut juga sebagai Pulau Kai Besar dan Kai Kecil. Dua pulau ini menawarkan wisata alam dan laut yang sangat indah, bahkan sudah dikenal luas hingga mancanegara. Kepulauan Kei memiliki kekayaan laut dan terumbu karang yang masih berlimpah, terjaga, dan beraneka ragam.

Selain Pulau Kei Besar dan Kei Kecil, kamu juga bisa menjelajah ke pulau kecil lainnya seperti Tanimbar Kei (disebut Tnebar Evav oleh warga lokal), Kei Dulah (Du), Dulah Laut (Du Roa), Kuur, Taam, dan Tayandu (Tahayad).

Masing-masing pulau menawarkan rangkaian keindahan laut yang tidak kalah indah. Berbagai paket wisata air juga sudah cukup banyak ditawarkan di sini sehingga kamu nggak akan bingung saat ingin menikmati semuanya dalam waktu terbatas.

4. Taman Nasional Manusela Maluku

Berlokasi di area sekitar Gunung Binaya, Maluku, Taman Nasional Manusela ini merupakan objek wisata yang dikelola langsung oleh Kementerian Kehutanan. Di sini, kamu bisa merasakan wisata pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, dan hutan hujan pegunungan.

Vegetasi di taman nasional ini juga terhitung lengkap karena memiliki mangrove, pantai, hutan rawa, tebing sungai, hutan hujan, hutan pegunungan, dan hutan sub-alpin yang hanya ada di daerah timur Indonesia.

Di Taman Nasional Manusela, kamu bisa menikmati rangkaian wisata lengkap mulai dari pengamatan burung (birdwatching), pengamatan kehidupan liar (wildlife), penelusuran goa (caving), penelusuran hutan (jungle tracking), hingga berkemah (camp).

Jika kamu ingin berkunjung sembari mengabadikan lokasi dengan lebih profesional, tersedia pula kegiatan pembuatan film atau foto untuk komersial dan profesional. Pihak Taman Nasional Manusela juga telah menyediakan website resmi untuk reservasi sehingga memudahkan pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

5. Kota Namlea

Terletak di Pulau Buru yang dulu dikenal sebagai ‘pulau buangan’, kota Namlea menawarkan keindahan khas timur Indonesia yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Kamu bisa menikmati indahnya sunset di puncak Bukit Tatanggor dengan pemandangan padang rumput, kota Namlea, dan pantai Pulau Buru. Kontur tanah yang berbukit di hampir seluruh kota membuatmu bisa mendapatkan banyak pemandangan bagus di sepanjang perjalanan.

Jika kamu ingin ‘turun’ ke pantai, ada beberapa spot yang tidak boleh dilewatkan. Pantai Jikumerasa memberikan pemandangan 3 lapis warna saat siang hari. Pantai Merah Putih yang dekat dengan Masjid Jamee dan Pelabuhan Kecil Namlea menawarkan sunset tidak kalah sempurna. Ingin pantai yang lebih sepi, kamu bisa mengunjungi Pantai Ratu Waeperang yang pasir putihnya terbentang sepanjang 2 km.

Selain tempat yang sudah disebutkan di atas, masih banyak objek wisata lain yang tidak kalah menarik dan bisa kamu temukan di Maluku. Nah, sudah siap berangkat dan sambut liburan?