wisata di solo

52 Daftar Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

wisata solo
Gapura Kraton Solo via ahmedfikreatif.wordpress.com

Wisata di Solo dan sekitarnya – Solo adalah kota budaya dengan beraneka ragam Obyek wisata yang disuguhkan. Ketika membicarakan tentang Solo maka tak lepas dari yang namanya Karesidenan Surakarta yang meliputi Kota Surakarta dan enam kabupaten yang mengelilinginya diantaranya, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri.

Untuk kamu yang tinggal di Solo dalam waktu yang lama baik dalam rangka bekerja atau kuliah, pastinya ingin mengunjungi wisata di solo untuk sekedar melepas lelah dan penat dari beban pekerjaan dan tugas-tugas kuliah yang berjibun. Kamu bisa menyepatkan diri berwisata, tak perlu jauh cukup berada di Solo dan sekitarnya.

Ketika berniat berwisata di Solo kamu harus mengunjungi wisata yang berada di sekitarnya, enam kabupaten eks-Karisidenan Surakarta. Terdapat ratusan destinasi wisata di Solo, berikut ini kami pilihkan 50 lebih daftar tempat wisata di Solo dan sekitarnya yang dapat kamu kunjungi, atau menjadi daftar list yang harus kamu datangi suatu saat nanti.

Daftar Isi

1. Pura Mangkunegaran Surakarta – Liburan sambil belajar sejarah

salah satu destinasi wisata solo Pura mangkunegaran surakarta
Pura mangkunegaran surakarta sebagai destinasi wisata di solo via maeshare.blogspot.com

Pura Mangkunegaran Surakarta biasa disebut Museum Rekso Pustaka, merupakan salah satu destinasi wisata di Solo, di tempat ini kita bisa melihat sejarah tentang abdi dalem Keraton Surakarta dari zamannya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said atau Pangeran Samber Nyawa. Terdiri dari dua bagian utama pendopo dan dalem, yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat – Liburan dengan foto klasik

Abdi dalem Keraton Surakarta
Abdi dalem Keraton Surakarta Hadiningrat via

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu kerajaan yang berada di Pulau Jawa. Dengan gaya arsitektur bergaya Jawa dan Eropa membungkus Keraton Surakarta Hadiningrat, dipenuhi patung para dewa dewi yang bertebaran disetiap sisi ruangan. Di sebelah bangunan utama berdiri sebuah museum yang berisikan pusaka kerajaan, tempat penyimpanan kereta kuda dan kusirnya, senjata kuno, keris dan benda antik lainnya. Tempat ini merupakan destinasi wisata di Solo yang setiap harinya selalu ada pengunjung

3. Car Free Day – Pengunjung membludak ketika musim liburan

Pawai Sepeda hias di Solo Car Free Day saat hari kartini merupakan wisata solo
Pawai Sepeda hias di Solo Car Free Day saat hari kartini

Kamu harus mengunjungi car free day di kota Solo jika kamu berkunjung dan melewati minggu pagi. Car free day ini sudah menjadi tempat wisata di Solo yang menjadi ajang unjuk kreativitas warga Solo. Kamu bisa melihat wajah ramah penduduk Solo, bahkan terkadang walikota dan wakilnya ikut car free day berbaur dengan masyarakat Solo.

4. Pandawa Water World Solo Baru – Tempat Asik Liburan di Solo

Salah satu Foto Wisata Solo Pandawa Waterworld
Wisata Solo Foto Pandawa Waterworld via www.alltempatwisata.com

Jika kamu berwisata ke Solo dan ingin berenang dengan wahana yang luas dan luar biasa maka kamu harus mengunjungi tempat ini, Pandawa Water World Solo Baru. Tempat ini resmi dibuka pada tanggal 22 Desember 2007. Tempat ini akan sangat ramai ketika musim liburan!.

5. Pasar Tiban Manahan – Wisata Belanja 😀

wisata kota solo pedagang sunday market manahan
wisata kota solo pedagang sunday market manahan via joglosemar.co

Pasar tiban manahan hanya ada setiap minggu pagi sampai pukul 11 siang. Buat kamu yang datang untuk wisata di Solo kamu bisa mengikuti Car Free Day terlebih dahulu baru setelahnya mengunjungi Pasar Tiban Manahan. Jarak cuma 1 km.

6. Pasar Klewer – Jangan lewatkan berlibur di tempat ini

salah satu icon wisata solo, pasar klewer
Pasar Klewer Solo sebelum Kebakaran via jalansolo.com

Untuk kamu yang berniat memberikan oleh-oleh baju atau batik kamu bisa datang ke Pasar klewer, yang merupakan destinasi wisata di Solo, terletak berdekatan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat. Untuk harga relatif murah tergantung apakah kamu pintar menawar atau tidak.

7. Bank Indonesia Solo – Wisata Sekalian Nongkrong

wisata tempat nongkrong anak
wisata tempat nongkrong anak muda solo via solopos.com

Merupakan tempat nongkrong asik buat kawula muda, meski begitu banyak orang luar Solo yang ikut nongkrong sekalian mereka berwisata di Solo. Disini tempatnya bakso bakar dan bakso goreng lapis telur yang akan menggoyang lidahmu, tersedia rasa manis sampai yang pedas.

8. Galabo Solo – Tongkorngan anak Muda

wisata ke galabo solo
wisata di galabo solo via meiraquw.wordpress.com

Terletak disebelah timur bundaran gladag, tempat ini ketika siang merupakan jalan raya dan menjadi tempat wisata kuliner ketika malam hari. banyak wisatawan yang datang ke Solo meyempatkan mampir kesini. Menjadi pusatnya kuliner Solo pada malam hari.

9. Taman Balekambang – Tempat Liburan Keluarga

festival payung yang menjadi daya tarik solo via /www.klikhotel.com
festival payung yang menjadi daya tarik solo via /www.klikhotel.com

Tempat yang harus dikunjungi ketika berwisata di Solo. Tempat ini merupakan taman kota dan menjadi ruang publik bagi warga Solo. Mempunyai luas hampir 10 hektar dan dibangun sudah sejak 1921 oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VII untuk putri-putri tercintanya. Dan direvitalisasi total pada tahun 2008.

10. Go Kart di Atap Hartono Mall Solo Baru – Kebut kebutan sesuka hatimu

arena go kart di atap hartono mall solobaru
arena go kart di atap hartono mall via youtube.com

Untuk mahasiswa luar kota yang telah lama berada di Solo kalian perlu mengunjungi arena Go Kart ini. Pasalnya tempat ini menjadi satu-satunya arena Go Kart yang berada di Solo dengan panjang lintasan mencapai 325 meter dengan lebar 7 meter. Ini juga menjadi tujuan wisatamu ketika berada di Solo.

11. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari – Tempatnya Musim liburan Sekolah

antrian wisatawan didepan thr sriwedari
Wisatawan mengantri di depan gerbang masuk thr via www.solopos.com

Terletak di jantung kota dan menjadi tujuan wisata di Solo, merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai, baik untuk warga Solo sendiri maupun mereka yang datang dari luar kota. THR sriwedari tidak dikhususkan untuk anak-anak saja. Terdapat banyak wahana bermain disini.

12. Kampung Batik – Yuk belajar membatik

wisata solo ke kampung batik laweyan
wisata solo ke kampung batik laweyan via rentalhiacedijogja.com

Banyak turis mancanegara yang berwisata di Solo untuk sekedar mengunjungi kampung batik, terdapat dua kampung batik di Solo, Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Yang menjadi pusat industri batik dan merupakan cagar budaya nasional.

13. Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) – Mengenal satwa lebih dekat ketika liburan

Pengunjung melihat-lihat hewan awetan koleksi Taman Satwa Taru Jurug di kawasan TSTJ Solo,
Wisatawan melihat-lihat hewan awetandi tempat wisata solo TSTJ via beritadaerah.co.id

Taman Satwa Taru Jurug menjadi satu-satunya kebun binatang yang berada di Solo dan sekitarnya, karenanya merupakan destinasi wisata di Solo, tempatnya bersebelahan dengan kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), di timur kota Solo. Dulunya menjadi primadona pariwisata di Solo.

14. Ngarsopuro Night Market – Tempatnya beli barang kesenian

Wisata Solo Ngarsopuro night market
Wisata Ngarsopuro Night Market di Solo via klikhotel.com

Menjadi destinasi wisata di Solo bagi wisatawan yang mencari sesuatu yang unik dari kota Solo, Pasalnya disini tempat penjualan barang kerajinan dan oleh-oleh khas Solo, beserta wisata kuliner sekaligus. Dan hanya buka pada Hari Sabtu dan Minggu malam saja.

15. Museum Batik Danar Hadi – Sejarah batik? sini tempatnya

Museum Danar Hadi, House of Danar Hadi Solo
WIsata Museum Batik Danar Hadi di Solo via travellers.web.id

Museum Batik Danar Hadi, atau biasa disebut House of Danar Hadi, didirikan oleh perusahaan batik asal Solo PT Batik Danar Hadi pada tahun 2008. Mungkin tempat ini menjadi museum batik terbaik di dunia lantaran mempunyai lebih dari sepuluh ribu helai kain batik dari Solo sejak zaman penjajahan. Sangat cocok untuk dijadikan tempat tujuan wisata di Solo.

16. Grojogan Sewu, Karanganyar – Liburan alam yang menyegarkan

Grojogan sewu sebagai tujuan wisata ketika di solo
Tujuan wisata di Solo Grojogan Sewu via panduanwisata.net

Grojogan sewu merupakan ikon wisata pertama di Tawangmangu, ketika berada di Solo sempatkan untuk mengunjungi grojogan sewu, tempat ini menjadi favorit wisatawan untuk datang menyempatkan diri ke Karanganyar, lantaran air terjun yang memiliki tinggi berkisar 81 meter ini memiliki keindahan yang mempesona, juga udara yang sejuk.

17. Cemoro Kandang – Tempat mendinginkan kepala

wisata cemoro kandang di lereng lawu
wisata cemoro kandang di lereng lawu via beritajateng.net

Ingin merasakan dinginnya kota Solo ketika berwisata di Solo?. Kamu harus mengunjungi Cemoro Kandang. Dengan trek jalan yang menantang juga pemandangan disepanjang jalan menuju lokasi Cemoro Kandang menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata favorit.

18. Kebun Strawberry Karanganyar – Ajak keluarga berlibur dan makan sepuasmu

wisata dan tempat penjualan stroberi di Solo
wisata dan tempat penjualan stroberi via arianjogja.com

Saat berwisata ke Solo sempatkan untuk mengunjungi karanganyar salah satunya kebun stroberi, tepatnya di Tawangmangu tidak jauh dari grojogan sewu. Pengunjung bisa bebas memetik buah stroberi yang mereka inginkan, untuk dimakan maupun buat oleh oleh yang di rumah.

19. Agrowisata Sondokoro – Tempat liburan komplit

salah satu wahana anak di sondokoro
salah satu wahana di sondokoro via armadia.wordpress.com

Agrowisata Sondokoro dilengkapi dengan beragam fasilitas permainan untuk dewasa dan anak dan juga berbagai wahana kesehatan. Menjadi destinasi wisata di Solo terkhusus untuk menyenangkan anak-anak. Didalamnya terdapat banyak wahana bermain anak.

20. Candi Cetho – Libur sambil menikmati keindahan alam dan jejeran candi

Kawasan Candi Cetho Karanganyar
Kawasan Candi Cetho Karanganyar salah satu Destinasi Wisata Solo via piknikasik.com

Candi Cetho merupakan peninggalan umat Hindu dan dibangun pada akhir masa pemerintahan kerajaan Majapahit, Candi yang menjadi obyek wisata di Solo ini berlokasi di lereng Gunung Lawu Karanganyar. Dan karanganyar termasuk karesidenan Surakarta (Solo).

21. Candi Sukuh – Banyak sejarah yang bisa kamu pelajari di sini

candi sukuh karanganyar
candi sukuh karanganyar via edyraguapo.blogspot.com

Salah satu tujuan wisata di Solo, lebih tepatnya di karanganyar 2 jam perjalanan dari Solo. Berada di lereng Gunung Lawu. Candi sukuh mempunyai arsitektur bangunan sederhana dan berkesan. Bangunan utamanya berbentuk seperti bangunan peninggalan suku maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru.

22. Kebun Teh Kemuning – Tempat berlibur untuk meng’hijau’kan mata

Wisata ke kebun teh Kemuning
Wisata ke kebun teh Kemuning via aprilianayu.wordpress.com

Kebun teh kemuning menjadi destinasi wisata di Solo karena menyuguhkan pemandangan yang indah, merupakan wisata alam, dengan udara yang sejuk, tempat untuk mendinginkan kepala ditengah ruetnya rutinitas pekerjaan. Berdekatan dengan Candi Cetho, Candi Sukuh dan air terjun jumog.

23. Grojogan Jumog – Ajak keluargamu berlibur kesini

grojgan jumog salah satu wisata kota solo
Salah satu wisata Solo, air terjun Jumog via tekooo.com/

Grojogan Jumog atau dalam bahasa indonesi disebut Air Terjun Jumog, menjadi destinasi wajib ketika berwisat di Solo. Tempat ini dikenal juga sebagai The Lost Paradise ‘Surga yang Hilang’. Berjarak 40 km ke arah timur dari kota Solo. Masuk ke kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

24. Bumi Perkemahan di Sekipan – Wisata perkemahan

bumi perkemahan skipan
camping ceria di bukit sekipan via hutanwisatakaranganyar.wordpress.com

Bumi perkemahan menjadi tujuan wisata yang berada di Solo untuk menghilangkan rasa jenuh berada di tengah hiruk pikuknya dunia dan lalu-lalang manusia disekitar kita. Tepatnya berada di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, berada di ketinggian 1.100 mdpl.

25. Taman Balekambang Karanganyar – Tempatnya miniatur dunia

Balekambang miniatur dunia
Balekambang miniatur dunia via joglosemar.co

Taman Balekambang dijadikan destinasi wisata di Solo lantaran terdapat miniatur dunia didalamnya. Dari mulai Piramid dan Spinx di Mesir, Menara Eifel di Prancis, Tembok Raksasa di Cina, Merlion di Singapura, Bukit Hollywood di Amerika kesemuanya terdapat miniatur nya di taman ini.

26. Ganesha Technopark – Tempat edukasi di Solo

ganesha technopark sragen
ganesha technopark sragen via simkes09ugm.wordpress.com

Tujuan Ganesha Technopark yang merupakan proyek pemerintah untuk memudahkan akses lembaga penelitian, Profesor, dan siswa yang telah lulus untuk membentuk proyek R&D (Research and Development) maupun proyek lain yang berbasis profit sharing.

27. Museum Purbakala Sangiran – Sejarah manusia purba

gapura masuk ke museum sangiran,
gapura masuk ke museum sangiran, wisata solo yang terletak di sragen via intisari-online.com

Tempat yang harus dikunjungi ketika berwisata di kota Solo. Siapapun tidak akan asing dengan nama sangiran. Banyak wisatawan domestik maupun internasional yang berkunjung ke tempat ini. Mereka berkunjung ketika berada di Solo.

28. Waduk Kedung Ombo – Ingin mancing? sini nih tempatnya

waduk kedung ombo sragen
waduk kedung ombo sragen via www.alselacinda.com

Waduk kedung ombo mempunyai luas 6.576 hektar dan menempati 3 wilayah berbeda, Grobogan, Sragen dan Boyolali. Banyak wisatawan dari Solo yang mampir ke waduk ini baik lokal maupun mancanegara. Merupakan tempat yang cocok untuk memancing.

29. Gunung Kemukus

pesugihan gunung kemukus
gunung kemukus wsata solo yang terletak di kab. sragen via www.bbc.com

Merupakan salah satu wisata di Solo yang sudah mendunia hingga mancanegara. Buat kamu yang belum cukup umur hendaknya tidak datang ke tempat ini, lebih tepatnya jangan ikut ritual di Gunung Kemukus, karena disini ritual yang dipakai ritual seks dengan bertukar pasangan.

30. Pemandian Umbul Pengging – Tempat renang semua usia

keramaian wisatawan datang ke umbul pengging
Pemandian Umbul Pengging di Boyolali via yacob-ivan.blogspot.com

Merupakan wisata di Solo yang terletak di Kabupaten Boyolali. Berupa kolam yang dibangun secara khusus untuk berenang dan mandi. Pemandian Umbul Pengging mempunyai sejarah tradisi yang terus dijaga hingga sekarang bahkan sampai tempat untuk mengundi nasib dan memohon terwujudnya harapan dengan ritual khusus. Dan mengarah kepada kesyirikan.

31. Taman Air Tlatar – Liburan keluarga komplit plit?!

Wisata air solo di tlatar boyolali
wisata air solo di tlatar via hellosemarang.com/

Taman Air Tlatar menjadi salah satu wisata di Solo yang terletak di Boyolali. Terdapat wahana kolam renang untuk anak langsung dari mata air, Kolam becak air, pemancingan, taman dibawah pohon cemara, flying fox, terapi pijat ikan, restoran dengan menu ikan air tawar, taman bermain untuk anak dan lainnya.

32. New Selo – Tempat memantau Gn Merapi dan Merbabu

new selo boyolali
New selo merupakan jalur baru pendakian gunung merapi via wikimapia.org

New Selo berada di Boyolali dan merupakan destinasi wisata ketika berada di Solo, tepatnya berada di lereng merapi. Berisikan beberapa kios dan bangunan sebagai menara pandang untuk melihat dan menikmati pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi terdapat fasilitas teropong umum.

33. Waduk Cengklik – Liburan sambil menikmati indahnya senja

senja wisata waduk jengklik
Senja di atas karamba waduk cengklik via www.lensasemutireng.com

Waduk Cengklik merupakan tempat wisata di Solo yang masuk di Kabupaten Boyolali. Menjadi tempat wisata untuk melepas penat tanpa harus pergi jauh keluar kota. Terdapat banyak pohon rindang dipinggir waduk dengan warung kuliner yang siap mengisi perut sambil menikmati pemandangan waduk cengklik

34. Agrowisata Sapi Perah Cepogo – Belajar memerah sapi? monggo

wisata Agrowisata Sapi Perah Cepogo
sapi perah boyolali via bisnis.com

Salah satu wisata di Solo yang terletak di Kabupaten Boyolali adalah Agrowisata Sapi Perah Cepogo. Jika ingin kamu bisa mencoba untuk berpartisipasi memerah sapi bersama peternak, dan tentunya kamu dapat meminum susu sapi yang masih segar langsung dari hasil perahan.

35. Kampung Air Kragilan – Kampung air tempat liburan keluarga

wisata kampung air kragilan boyolali
jalan masuk ke kampung air kragilan via hafnykhairunnisa.blogspot.com

Kampung Air Kragilan merupakan obyek wisata di Solo yang merupakan tempat wisata bagi keluarga. Tepatnya berada di Boyolali Dukuh Watugenuk Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo. Dengan menyajikan pemandangan alam yang asri, alami dan hijau.

36. Air Terjun Semuncar – Air terjun keren di kota susu

wisata alam air terjun semuncar boyolali
wisata alam air terjun semuncar boyolali via cikocikkoociko.blogspot.com

Air terjun semuncar merupakan wisata di Solo yang terletak di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di desa Candisari, Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Untuk mendatangi tempat ini kamu harus mempersiapkan fisik dan mental serta perlengkapan yang sesuai dengan medan yang akan dilalui.

38. Tikungan Irung Petruk – Tempat nongkrongnya anak muda Boyolali

tikunagn irung ptruk menjadi wisata ketika berada di solo
tikungan irung petruk boyolali via asedino.wordpress.com

Tikungan Irung Petruk ditandai dengan patung petruk raksasa. Dihari libur banyak kawula muda mendatangi tempat ini untuk menikmati pemandangan sekaligus melakukan selfie dengan latar belakang irung petruk. Ketika waktu sunset tiba pemandangan di sini sangat menakjubkan

39. Umbul Ponggok – Tempat liburan air terbaik jawa tengah

wisata air solo di umbul ponggok
umbul ponggok Klaten via hananan.com.

Umbul Ponggok atau dalam bahasa indonesia berarti Mata air Ponggok, wisata air yang sedang booming dikalangan anak muda. Umbul ponggok dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Selain berenang kamu bisa juga snorkeling disini, bersama ikan ikan.

40. Obyek Wisata Air Cokro (OMAC) – Tempat wisata air komplit

wahana wisata omac di solo
wahana wisata air klaten via nonobudparpora.wordpress.com

OMAC merupakan wisata air di Solo yang terletak di kabupaten Klaten, sudah terkenal sejak lama. Dengan luas 15.000 meter persagi, merupakan salah satu obyek wisata air favorit di Klaten, dengan mata air yang jernih dan dingin.

41. Umbul Jolotundo – Air langsung dari mata air, jernih dan menyegarkan

tiga kolam yang terdapat di umbul jolotundo
umbul jolotundo via www.kaskus.co.id

Merupakan mata air alami yang terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom, dengan luas kolam air sekitar 220 meter persegi. Terdapat fasilitas toilet, kamar ganti pakaian, mushola dan kantin. Terdapat tiga kolam renang degan kedalaman yang berbeda.

42. Candi Prambanan – Wisata Solo yang berbatasan dengan Yogyakarta

candi prambanan klaten sebagai tempat wisata Solo,
candi prambanan klaten sebagai tempat wisata Solo, Klaten via thegoldenscope.wordpress.com

Candi Prambanan termasuk salah satu situs warisan dunia UNESCO, bangunan candi berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur hindu pada umumnya. Sebagai salah satu candi hindu termegah di Asia Tenggara, Candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan mancanegara.

43. Gunung Watu Prahu

gunung watu prau katen solo
gunung watu prau klaten via jelajahrumputilalang.blogspot.com

Gunung watu prahu cocok untuk kamu yang berwisata di Solo dan menyukai tentang arkeolog. Terdapat banyak fosil-fosil dengan bermacam-macan bebatuan, dianamakan watu prahu karena terdapat sebuah batu berbentuk seperti perah terbalik

44. Riverboard Kali Pusur – Liburan main air? mengapa tidak

RIverboard solo
riverboard satu satunya di solo miradesta.blogspot.com

Wisata Riverboar kali pusur terdapat di Klaten Karisidenan Surakarta. Dan merupakan satu satunya wisata riverboar di Solo karena wisata Riverboarding biasa di kenal di wilayah Jawa Timur. Lokasinya di Kal Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

45. Warung Apung Rowo Jombor – Nikamtin liburan keluarga dengan live music dan masakan ikan air tawar

warung apung jombor
warung apung jombor via klatenity.blogspot.com

Warung Apung Rowo Jombor menjadi salah satu wisata air unggulan dari sekian banyak wisata air di Klaten. Pada hari minggu dan hari libur banyak sekali wisatawan yang berdatangan ke tempat ini, untuk menikmanti wisata kuliner sajian masakan ikan air tawar di Warung Apung Rowo Jombor Klaten, sembari menikmati pemandangan Rowo Jombor.

46. Kawasan Pemancingan Janti – Wisata air yang cocok untuk anak dan dewasa

kolam renang janti
kolam renang di salah satu pemancingan janti via www.djangkarubumi.com

Desa Janti merupakan pusatnya wisata Pemancingan di Solo Raya, terdapat puluhan rumah dengan usaha pemancingan yang khas menawarkan kolam pemancingan serta tempat makan yang berbau ikan, jika ingin pembeli bisa memancing sendiri ikan yang akan diamakannya nanti.

47. Masjid Agung Al-Aqsha Klaten – Masjid megah yang tak boleh terlewatkan

masjid al aqsha klaten
masjid al aqsha klaten via akarlangit.tumblr.com

Masjid Agung Al-Aqsha Klaten menjadi icon wisata baru, mega proyek yang dibanun dengan APBD berkisar Rp 50 Milyar, dan mulai beroprasi Ramadhan 2016, masjid ini mempunyai desain pintu meniru desain pintu Masjid Nabawi, di Madinah Al-Munawarah.

48. Taman Lampion Klaten – Berlibur berbaur dengan warga sekitar

taman lampion klaten
taman lampion klaten via www.potograpero.com

Taman Lampion Klaten terdapat di kelurahan Bareng Lor, Klaten Utara, Klaten, merupakan destinasi liburan ruang terbuka dengan biaya yang murah di Solo. Merupakan ruang terbuka yang biasa digunakan warga untuk mengisi waktu sore sambil nongkrong dan bersendau gurau.

49. Waduk Gajah Mungkur – Tempat liburan komplit murah meriah

tempat wisata waduk gajah mungkur
wisata waduk gajah mungkur di wonogiri via wisatajateng.com

Waduk Gajah Mungkur menjadi destinsi wisata ketika berada di Solo, berlokasi di kab. Wonogiri tepatnya disebelah selatan Kota Solo. Mempunyai luas kurang lebih 8800 ha. Air waduk digunakan untuk mengairi sawah daerah sekitar. Sekaligus sebagai objek wisata.

50. Museum Karst Dunia – Berlibur sambil belajar bebatuan

musium karst wonogiri sebagai salah satu wisata solo
pemandangan museum karst wonogiri dari atas via bukupintarkabupatenwonogiri.blogspot.com

Ketika kamu berada di Solo sempatkan untuk mengunjungi Museum Karst Dunia di Wonogiri. Museum ini diresmikan pada thun 2007, museum ini menggambarkan khasanah karst dengan keunikan goa didaerah pracimantoro. Kawasan karst di Pracimantoro dinilai terbaik oleh para ahli sejarah dan geologi karena telah memenuhi kriteria keberagaman gua, struktur lapisan tanah, dengan panorama alam yang khas.

51. Museum Wayang Kulit Wonogiri – Liburan sambil mengenal budaya

museum wayang wonogiri
penampakan dalam museum wayang via magelangimages.wordpress.com

Museum Wayang Kulit ini berada di Wuryantoro, Wonogiri. Biasa dikenal sebagai Museum Wayang Indonesia, dan terdapat jejak masa kecil Presiden Soeharto. Bangunan tempat didirikannya museum ini dulunya adalah kediaman manten Presiden Seharto.

52. Pantai Nampu – Indahnya pemandangan laut selatan yang dipagari pegunungan kidul

pantai nampu
pantai nampu wonogiri dari ketinggian via magelangimages.wordpress.com

Di Wonogiri terdapat beberapa pantai salah satunya Pantai Nampu. Pantai Nampu mempunyai pemandangan yang mempesona dan eksotis. Pantai ini terletak di Desa Dringo, Keluarahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.

wisata solo batik carnival via tempatwisatadaerah.blogspot.com
wisata solo batik carnival via tempatwisatadaerah.blogspot.com

Sebenarnya masih banyak objek wisata lain di Solo dan sekitarnya yang jika dituliskan jumlahnya lebih dari 100 destinasi wisata di Solo. Selain yang telah tersebut, ada beberapa event tahunan yang wajib dikunjungi wisatawan ketika berada di Kota Solo, salah satunya Solo Batik Carnival, yang merupakan event tahunan Kota Solo dengan menyuguhkan kreasi batik dari warga Solo dan dipakai oleh model. Buat kamu yang tinggal di Solo atau sekedar berwisata di kota bengawan, tentunya event-event wisata tersebut tidak boleh terlewat.


Cukup sekian. Terimakasih. Semoga bermanfaat.

12 thoughts on “52 Daftar Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

    • itu belum semua, di list draft ada lebih dari 100 destinasi wisata solo, tapi terlalu capek ngetik jd setengahnya aja. biar nanti diganti per subjudul daerah. hehe.
      wah mantap gan, fistival payung termasuk event yang ditunggu wisatawan…
      terimakasih sudah mampir 🙂

Leave a Comment