taman tombo galau

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri – Jika Jawa Barat punya Waduk Jatiluhur sebagai salah satu destinasi wisata di Bandung, maka Jawa Tengah juga punya, yakni Waduk Gajah Mungkur sebagai destinasi ketika berwisata ke Solo. Waduk ini ditempuh kurang lebih 1 jam 30 menit perjalanan dari kota solo, dengan jarak tempuh sekitar 60 km jauhnya dari kota solo.

Waduk ini berada kabupaten Wonogiri, sekitar 6 km dari kota wonogiri. Waduk gajah mungkur merupakan waduk buatan yang dibangun pemerintah, dimulai pembangunan tahun 1970 dan mulai digunakan delapan tahun kemudian 1978. Waduk Gajah Mungkur juga biasa disebut Waduk Serbaguna Wonogiri.

nama lain waduk gajah mungkur
nama lain waduk gajah mungkur via mahfuzhiahnurulputri64.blogspot.com

Waduk gajah mungkur mempunyai luas kurang lebih 8800 ha di tujuh kecamatan, air waduk digunakan untunk mengairi sawah daerah disekitarnya, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Klaten, juga untuk wilayah Wonogiri sendiri. disamping untuk pengairan digunakan juga sebagai pemasok air minum dan Pembangkit Listrik Tenaga Air, sebesar 12,4 MegaWatt. Dahulu pemerintah mentransmigrasikan penduduk ke Sumatera Barat. Kareta tergusur oleh adanya waduk ini.

Disamping sangat bermanfaat untuk kehidupan penduduk, waduk yang merupakan ikon wisata solo ini juga mempunyai wisata air yang sangat menarik dikunjungi, wisata Waduk gajah mungkur Wonogiri sudah sangat terkenal, ketika musim lebaran/liburan tempat ini penuh dengan wisatawan lokal yang mengunjunginya. Mereka datang dari berbagai kota di Indonesia.

Berikut kami ulas satu persatu wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang telah melegenda, dengan kunjungan pertahun sangat tinggi.

Menaiki Kapal Boat ketika berwisata ke OW Gajah Mungkur

berkeliling dengan prahu motor di waduk gajah mungkur
berkeliling dengan prahu motor di waduk gajah mungkur via tulisan-adib-jogya.blogspot.com

Kamu bisa menaiki kapal boat ketika pergi Wisata ke Waduk Gajah Mungkung Wonogiri. Fasilitas ini disediakan bagi wisatawan yang berkeinginan untuk berkeliling di area perairan waduk Gajah Mungkur. Untuk wisata air selain menaiki kapal boat kamu juga bisa bermain sepeda air, prahu motor dan juga banana boat. Tarif untuk menaiki kapal boat ini 10 ribu per orang. Tarif bisa berubah dikala musim liburan.

Memancing Ikan

mancing di wgm
mancing di wgm via m.solopos.com

Banyak pemancing yang berdatangan dari berbagai daerah untuk merasakan asiknya memancing di waduk gajah mungkur. Tempat ini juga sebagai tempat favorite untuk memancing dikarenakan populasi ikan air tawar disana sangat beragam mulai tawes, wader pari, patin jambal, sampai nila pun ada.

Untuk memancing kamu perlu bertanya tanya pada pemancing lokal yang telah berpengalaman. Habitat ikan berkumpul ditempat yang berbeda, jadi jika kamu bis mengunjungi spot tertentu dengan ikan sesuai yan kamu targetkan. Untuk waktu memancing, pagi dan sore hari adalah waktu yang paling tepat, saat itu ikan sedang kondisi agresif.

Water Boom

waterboom Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
waterboom Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri via waterboomgajahmungkur.com

Ini juga salah satu daya tarik tersendiri, merupakan satu dari beberapa wisata air yang sudah kita sebutkan sebelumnya, ketika musim liburan untuk memasukinya diharuskan membayar tiket 25.000, water boom ini masih terbilang baru, mulai beroprasi tahun 2011. Ketika tidak memasuki masa liburan water boom ini sepi pengunjung, pasalnya harga tiket masuk yang mahal belum lagi pengunjung harus membayar tiket masuk Waduk Gajah Mungkur, bayar dobel.

Taman Satwa

taman satwa di wisata waduk gajah mungkur wonogiri
gajah di taman satwa, wisata waduk gajah mungkur wonogiri via regional.kompas.com

Ukuran taman satwa ini tidak terlalu besar, bisa dibilang kebun binatang mini, didalamnya terdapat beberapa gajah, ada beberapa gajah yang bisa dinaiki untuk berkeliling ke area taman satwa. Ada pula kasuari, monyet, beberapa buaya, dan beberapa jenis burung lainnya. Di tahun 2016 koleksi satwa banyak bertambah.

Taman Bermain Anak

taman-bermain-anak-di-wgm
arena bermain di waduk gajah mungkur via gubugkecilsangentung.net

Taman ini berlokasi sama dengan taman lainnya. Dengan banyak wahana bermain untuk anak, setiap tahun wahana di taman bermain anak WGM bertambah. Anak-anak yang diajak datang kemari pastilah merasa sangat senang dengan berbagai ragam permainan yang ada. Teredapat permainan gratis dan beberapa berbayar, yang berbayar diantaranya komedi putar, kereta kelinci, bianglala mini, dan juga sepeda air. Untuk yang ayunan, jungkitan, prosotan dll tentunya gratis.

Taman Tombo Galau

taman tombo galau
taman tombo galau via gubugkecilsangentung.net

Ini adalah wahana paling baru baru selesai dan dioperasikan tahun 2015, tombo galau berarti obat galau. Taman ini menyasar para kawula muda untuk berselfie ria disini. Tempat ini juga sebagai rest area bagi pengunjung yang lelah berjalan – jalan disekitar WGM. Terdapat permainan catur, ular tangga, sundah mandah dan beberapa permainan tradisional anak-anak dilengkapi dengan air mancur dan taman hijau.

Gantole / Layang Gantung

gantole di bukti joglo
gantole di bukti joglo viayuliuskojah.blogspot.com

Belum banyak wisata gantole di jawa tengah, bukit Joglo yang terletak di sebelah barat Waduk Gajah Mungkur ini salah satunya. Untuk kamu yang menyukai olahraga ekstrim kamu wajib menocoba menaiki gantole disini. Namun jika tidak berani kamu tetap perlu mendatangi tempat ini, pemandangan yang disuguhkan sungguh memanjakan mata, melihat Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Tempat ini juga merupakan tempat favorit wisatawan untuk berselfie.

Pihak pengelola wisata waduk gajah mungkur wonogiri terus bebenah, dari tahun ke tahun banyak wahana baru yang berhasil direalisasikan. Beberapa diantaranya, area outbound, taman selfie, ow gajah mungkur, dan perbaikan wahana lama mulai penambahan satwa, taman bermain anak-anak dan masih banyak lagi. Silahkan datang ke Waduk Gajah Mungkur dan buktikan sendiri.

Jika kamu pecinta budaya indonesia datanglah saat ada event pariwisata Gelar Wisata Budaya tiap tahunnya, yang diadakan oleh pihak pengelola, OWSA Waduk Gajah Mungkur, diadakan setiap bulan Sura, dengan menampilkan atraksi budaya adat kab. Wonogiri diantaranya, kegiatan ruwatan masal, jamasan pusaka milik kraton Mangkunegara Surakarta, juga menampilkan tari tradisional khas wonogiri.

__

Mungkin ada beberapa hal yang belum tertuliskan disini, silahkan komen untuk memberikan masukan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Leave a Comment